KSOP Karimun Pastikan Armada Natal Laik Laut

id KSOP,Karimun,Pastikan,Armada,Natal,Laik,Laut,tahun,penumpang,kapal

KSOP Karimun Pastikan Armada Natal Laik Laut

Petugas KSOP Karimun memantau lalu lintas penumpang Natal dan Tahun Baru 2018. (antarakepri.com/Nursali)

Kita juga menginstruksikan kepada nakhoda kapal untuk memperhatikan dan mengutamakan keselamatan penumpang
Karimun (Antara Kepri) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau memastikan seluruh armada yang melayani penumpang mudik Natal dan Tahun Baru 2018 laik laut.

"Kita sudah memeriksa armada angkutan natal dan Tahun Baru 2018, aman dan laik laut," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBBP) KSOP Tanjung Balari Karimun Syahrinaldi usai apel gabungan pengamanan Natal di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun, Senin.

Syahrinaldi mengatakan, pihaknya memastikan seluruh kapal dilengkapi sarana dan perlengkapan keselamatan pelayaran, seperti jaket keselamatan, perlengkapan navigasi, kotak P3K, sekoci, racun api, suar dan lain peralatan untuk kondisi darurat lainnya.

"Kita juga menginstruksikan kepada nakhoda kapal untuk memperhatikan dan mengutamakan keselamatan penumpang," katanya.

Selain mempersiapkan alat keselamatan, nakhoda juga diimbau untuk selalu memperhatikan kondisi terkini cuaca sekeliling.

"Nakhoda kapal agar tetap berpedoman kepada kondisi cuaca BMKG," katanya.

Kapasitas kapal juga harus menjadi perhatian bersama oleh nakhoda dan penumpang. Ia melarang nakhoda membawa penumpang melebihi kapasitas.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri berlayar dengan kapal yang melebihi muatan.

"Jangan sekali-kali memaksakan diri untuk berlayar apabila kelebihan penumpang," katanya.

Hingga saat ini, penumpang di pelabuhan domestik dari dan tujuan Tanjung Balai Karimun masih menggunakan kapal penumpang reguler, seperti Dumai Ekspress Group, Mikonatalia, Baruna dan Oceana.

"Untuk Penambahan trip dan Armada belum kita lalukan penambahan, semua masih ter-'cover'," katanya.

Dia memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun pada H-1 dan H+1 Tahun Baru. (baca juga: Penumpang Natal dan Tahun Baru Pelabuhan SBP Meningkat)

"Masing-masing perusahaan pelayaran juga mempersiapkan kapalnya masing-masing, apabila dibutuhkan kapal tersebut siap diluncurkan," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE