Berbagai kalangan respons positif penerbangan komersial di Dabo

id wings air,mendarat di bandara dabo

Bupati Lingga Alias Wello bersama Saptono Mustaqim mantan Wakil Bupati Lingga dan Anggota DPRD Lingga.

Lingga (Antaranews Kepri) - Upaya Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Dabosingkep mendatangkan pesawat komersial Wings Air untuk melayani rute Dabosingkep, disambut hangat oleh berbagai kalangan dan upaya ini mendapat dukungan dari masyarakat hingga beberapa pengusaha yang saat ini sedang berinvestasi di Kabupaten Lingga.

"Ini sangat baik sekali akan sangat mempermudah kita untuk terbang ke Lingga," kata Ari salah satu investor asal Malaysia yang saat ini sedang melakukan investasi di Kabupaten Lingga kepada Antara, Senin.

Baca juga: Pesawat Wings Air mendarat mulus di Bandara Dabo

Selama ini menurutnya dirinya hanya dapat melalui jalur laut untuk menuju ke Kabupaten Lingga dari Malaysia dan Batam sehingga harus menempuh waktu kurang lebih setengah hari untuk sampai ke Kabupaten Lingga. Dengan adanya pelayanan pesawat komersial ini dengan kapasitas yang lebih besar tentu akan memudahkan dirinya menghemat waktu perjalanan ke Kabupaten Lingga.

Harapannya pesawat ini dapat terbang setiap hari dan segera beroperasi. Sementara itu jika hanya mengandalkan pesawat perintis dengan kapasitas jumlah penumpang yang sangat terbatas, tidak memungkinkan untuk ditumpangi. 

Hal serupa juga disampaikan salah satu pengusaha lainnya, Supri menurutnya selama ini untuk menuju ke Kabupaten Lingga dirinya harus melalui jalur laut dan membutuhkan waktu yang cukup lama, adapun pesawat perintis milik maskapai Susy Air saat ini sering tidak kebagian tiket dari Batam dan sangat sulit mendapatkan Susy Air dari Batam dan Tanjungpinang.

"Kita ini dagang dan punya usaha jadi waktu itu sangat berharga, saya dulu pernah terdesak ingin naik Susy Air tapi tiketnya sangat sulit dicari kalau di Batam ketika ada malah sering penuh," sebutnya.

Respon positif tersebut juga disampaikan Bupati Lingga Alias Wello saat menyambut kedatangan tim survey dari Lion Air Group pada penerbangan uji coba. Menurutnya pemerintah Kabupaten Lingga sangat berkomitmen untuk mendukung rencana ini, dan dirinya berharap sebelum Idul Fitri penerbangan Wings Air segera terealisasi sesuai dengan perbincangannya dengan manajemen Lion Air dan Kepala UPBU Bandara Dabo.

"Mudah-mudahan secepatnyalah dan kita juga komitmen untuk mendukung penerbangan ini, nanti akan kita pikirkan beberapa hal yang dibutuhkan oleh UPBU Bandara Dabo," sebutnya.

Dihubungi Antara terpisah Manajer Humas Lion Group Andy M Saladin membenarkan rencana salah satu pesawat milik maskapai Lion Air yaitu Wings Air akan menambah rute penerbangan ke Dabosingkep, namun hal tersebut saat ini masih menunggu hasil kajian yang dilakukan oleh tim Survey dari Lion Air dan Kemenhub setelah melakukan "proofing flight".

"Selain itu juga menunggu beberapa kesiapan administrasi dari Bandara Dabosingkep sendiri yang masih sedang di proses," jawabnya singkat.

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar