Gubernur Kepri: TMMD bantu percepatan pembangunan desa

id tmmd,bupati karimun,gubernur kepri

Gubernur Kepri: TMMD bantu percepatan pembangunan desa

Bupati Karimun Aunur Rafiq berjabat tangan dengan Dandim 0317/Karimun disaksikan Gubernur Nurdin Nasrun dan Danrem 033/WP Brigjen Gabriel Lema usai penandatanganan naskah penyerahan pekerjaan TMMD ke-101. (foto: Istimewa)

Pembangunan infrastruktur seperti jalan sangat penting karena merupakan infrastruktur vital untuk mendorong perekonomian masyarakat. Pemerintah berterima kasih dengan TNI yang berperan aktif membangun infrastruktur,
Karimun (Antaranews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terbukti berperan konsisten dalam membantu percepatan pembangunan desa dan daerah tertinggal.
    
"TMMD memberikan dampak positif bagi masyarakat di desa atau kelurahan. TMMD sangat berperan dalam akselerasi pembangunan infrastruktur di desa," kata ketika menjadi inpekstur upacara TMMD ke-101 di stadion mini Kelurahan Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kepri, Rabu.
    
Nurdin Basirun menyebutkan, kegiatan TMMD yang sudah berjalan lebih satu abad memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan, tidak hanya fisik, tetapi juga nonfisik.
    
Dia mengatakan banyak sarana infrastruktur seperti jalan, parit yang dimanfaatkan masyarakat yang dibangun oleh para prajurit melalui kegiatan TMMD.
    
Tahun ini, melalui TMMD ke-101 di Kabupaten Karimun, para prajurit akan membangun semenisasi jalan di Kelurahan Tanjungbatu Barat yang menghubungkan Desa Lubuk, Kecamatan Kundur. Kemudian, pembangunan dua unit dwiker dan fasilitas umum maupun sosial lainnya di Kundur.
    
"Pembangunan infrastruktur seperti jalan sangat penting karena merupakan infrastruktur vital untuk mendorong perekonomian masyarakat. Pemerintah berterima kasih dengan TNI yang berperan aktif membangun infrastruktur," kata Nurdin yang pernah menjabat Bupati Karimun selama dua periode.

Baca juga: Masyarakat Terpencil Butuh TMMD
    
Selain pembangunan fisik, Nurdin juga menyebutkan bahwa TMMD juga memberikan pengaruh yang positif dalam membangun ketahanan nasional, dengan cara menanamkan nilai-nilai kebangsaan, patriotisme dan kesadaran bela negara.
    
"TMMD memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat. TMMD sarana berinteraksi prajurit dengan rakyat, sehingga bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air. Nilai-nilai kebangsaan dikalangan masyarakat harus dipupuk dan ditingkatkan mengingat Kepri sebagai daerah perbatasan yang rentan masuknya budaya asing," kata dia.
    
TMMD ke-101 dimulai dengan pemeriksaan pasukan yang melibatkan prajurit oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan dari Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada Komandan Kodim 0317/Karimun Letkol Arm Rizal Analdie.
    
Kegiatan TMMD ke-101 juga dibuka dengan penyerahan seperangkat peralatan kepada perwakilan prajurit dan masyarakat setempat.
    
Upacara pembukaan TMMD ke-101 dihadiri Komandan Korem 033 Wirapratama Brijen TNI Gabriel Lema, Sekda Karimun Muhammad Firmansyah dan para pejabat Pemkab Karimun maupun anggota DPRD Karimun. (Antara)

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE