Lanal Dabosingkep tumbuhkan jiwa bahari sejak dini

id Lanal Dabosingkep,Joy Sailing,TK Hangtuah

Lanal Dabosingkep tumbuhkan jiwa bahari sejak dini

Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut (P) Agus Kristianto. Ketua Jalasenastri Cabang 7 Ny Dina Agus Kristianto, dan pengurus Yayasan Hangtuah (Antaranews Kepri/Nurjali)

Kita ingin mengenalkan kepada anak-anak laut itu seperti apa, supaya anak-anak lebih dekat dengan laut apalagi Lingga ini 99 persen wilayahnya laut
Lingga (Antaranews Kepri) - Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut (P) Agus Kristianto mengenalkan bahari sejak usia dini, melalui kegiatan Joy Sailing (Berlayar dengan gembira) bersama dengan anak-anak dari Taman Kanak-kanak Yayasan Hangtuah Lanal Dabosingkep dengan mengelilingi beberapa pulau di wilayah Jagoh dan Selayar menggunakan dua kapal Patkamla.

"Kita ingin mengenalkan kepada anak-anak laut itu seperti apa, supaya anak-anak lebih dekat dengan laut apalagi Lingga ini 99 persen wilayahnya laut," kata Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut (P) Agus Kristianto kepada Antara, Selasa.

Pelayaran joy sailing ini juga digunakan untuk memperkenalkan bagaimana agar anak-anak dapat menjaga keamanan diri saat kelaut atau safety saat berada di laut. Sehingga mereka benar-benar paham bahwa saat berada di laut, tidak seperti yang mereka bayangkan di laut juga sangat menyenangkann sehingga mereka tidak perlu takut dengan laut.

Selain itu, menurutnya kegiatan tersebut juga merupakan program dari TNI Angkatan Laut untuk memperkenalkan potensi kemaritiman sejak dini, karena negara Indonesia adalah negara kepulauan. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak yang menjadi peserta dapat menikmati kegiatan berlayar di laut di usia mereka yang masih sangat kecil.

"Kita ingin program ini nantinya menjadi lebih luas lagi, tidak saja anak-anak dari TK Hangtuah TNI AL tapi dari TK, SD, atau sekolah lain juga ikut dalam kegiatan ini," ujarnya.

Dihubungi terpisah kepala TK Hangtuah Dabosingkep Nurul Aulia mengatakan kegiatan tersebut merupakan, kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun dengan bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut. Siswa yang bersekolah di TK Hangtuah nantinya akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan program joy sailing.

"Kita sudah menyusun program ini dan hanya di TK Hangtuah anak-anak mendapatkan tambahan pelajaran ekstra joy sailing," sebutnya.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias tidak terlihat wajah takut diantara mereka mengikuti kegiatan berlayar tersebut. Meskipun dipandu para guru dan anggota TNI Angkatan Laut, anak-anak tersebut tetap terlihat sangat berani mengarungi lau dengan dua Kapal patroli milik TNI Angkatan Laut Dabosingkep.

Selain komandan Lanal Dabosingkep beserta jajarannya yang ambil bagian pada kegiatan tersebut, terlihat juga ketua Ketua Jalasenastri Cabang 7 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat  Ny. Dina Agus Yudho Kristianto yang mengikuti pelayaran bersama dengan anak-anak TK Hangtuah dari dimulainya kegiatan hingga kegiatan berakhir.   (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE