Baznas Karimun salurkan zakat Rp655 juta

id baznas karimun,zakat,zakat fitrah

Karimun (Antaranews Kepri) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyalurkan dana zakat sebesar Rp655 juta jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Dana zakat yang kita distribusikan itu merupakan periode kedua, dan alhamdulillah dana sebanyak itu terhimpun dalam dua bulan," kata Ketua Baznas Karimun H Atan AS di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Atan mengatakan sebagian besar dana zakat tersebut didistribusikan secara serentak di Masjid Agung Karimun untuk 1.992 warga yang berhak menerima dana zakat atau mustahiq zakat.

Dia memerinci, 1.992 warga yang berhak menerima zakat itu terdiri atas 807 orang fakir dan miskin di empat kecamatan Pulau Karimun Besar, yaitu Karimun, Meral, Tebing dan Meral Barat.

Kemudian fakir miskin di Kecamatan Moro, Kundur Utara, Kundur dan Buru sebanyak 583 orang. Dan terakhir untuk 226 fisabilillah dan 50 mualaf atau pemeluk baru agama Islam.

Selain menyalurkan dana zakat, Atan mengatakan pada periode kedua ini, pihaknya juga menyalurkan dana zakat untuk dunia pendidikan dalam bentuk beasiswa kepada 325 siswa tidak mampu, dan rehabilitasi satu unit rumah.

Menurut Atan, dana zakat periode kedua lebih banyak dibandingkan periode pertama yang berjumlah Rp440 juta.

Total dana zakat yang didistribusikan untuk dua periode sebesar Rp1,095 miliar.

"Tahun lalu dana zakat yang terhimpun sebesar Rp2,3 miliar. Dan insya Allah target tahun ini tercapai," kata dia.

Atan menambahkan bagi warga yang ingin membayar zakat, maka bisa menyalurkannya melalui kantor Baznas atau unit-unit pengumpul zakat di masjid-masjid dan mushala.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengharapkan agar para penerima dana zakat memanfaatkan dana yang diterima untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

"Idul Fitri merupakan hari kemenangan. Umat Islam harus bergembira, termasuk mereka yang tidak mampu, manfaatkan dana zakat untuk membeli keperluan Lebaran," kata dia.

Aunur Rafiq juga mengajak umat Islam untuk menyalurkan dana zakatnya melalui Baznas sehingga pendistribusiannya benar-benar optimal dan tepat sasaran.

"Dana zakat memiliki potensi yang besar dalam mengentaskan kemiskinan," katanya.

Dia juga mengingatkan kepada umat agar tidak lupa membayar zakat fitrah senilai 2,5 kilogram per orang.

"Zakar fitrah wajib dibayarkan, termasuk juga bayi yang baru lahir sebelum shalat Id," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE