Pantai Pelawan Karimun dipadati pengunjung

id pantai pelawan karimun,libur lebaran

Pengunjung padati Pantai Pelawan Karimun. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Lumayan ramai, tapi kayaknya lebih ramai tahun lalu. Mudah-mudahan besok atau lusa makin ramai, karena masih liburan
Karimun (Antaranews Kepri) - Pantai Pelawan di Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, dipadati pengunjung yang menghabiskan masa liburan pada hari ketiga Idul Fitri 1439 Hijriah, Minggu.

"Setiap tahun saya dan keluarga berkunjung ke pantai ini, sekadar rekreasi menghabiskan masa liburan," kata Norman, pengunjung asal Tanjung Balai Karimun, Minggu sore.

Norman mengaku berkunjung ke pantai tersebut bersama istri dengan dua anak dan anggota keluarga dengan menyewa angkutan kota (angkot).

"Kalau pakai motor tidak muat, jadi kami sewa angkot," kata dia.

Salah seorang pemilik warung Purwanto mengaku makanan dan minuman dagangannya laris manis dibeli para pengunjung.

"Lumayan, yang paling laris kelapa muda," kata dia.

Menurut Purwanto, para pengunjung bebas memasuki area pantai tanpa harus membeli karcis masuk.

"Sekarang tak boleh pakai karcis, setelah kasus OTT Pungli," ujarnya.

Selain pedagang makanan dan minuman, kepadatan pengunjung juga membawa berkah bagi para penyewa pelampung.

Seorang penyewa pelampung Siti mengaku pelampung miliknya ludes disewa pengunjung yang ingin berenang, dengan membayar uang sewa sebesar Rp5.000 untuk pelampung kecil.

"Lumayan ramai, tapi kayaknya lebih ramai tahun lalu. Mudah-mudahan besok atau lusa makin ramai, karena masih liburan," ujar dia.

Ribuan warga memadati hampir semua sisi pantai, mulai dari warung-warung, pondok santai hingga kawasan pantai berpasir putih berbentuk huruf U tersebut.

Warga tidak hanya menikmati keindahan pantai sambil menikmati makanan, mereka juga banyak yang berenang dan ada pula yang menaiki jet ski atau kapal wisata untuk mengitari perairan.

Sebagian besar warga yang mengunjungi pantai merupakan rombongan keluarga, baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kepadatan pengunjung menyebabkan area parkir tidak mampu menampung kendaraan, sehingga banyak kendaraan yang terpaksa diparkir di luar area pantai.

Pantai Pelawan merupakan satu dari dua pantai, selain Pantai Pongkar yang ramai dikunjungi warga untuk menghabiskan masa liburan, dan kedua pantai tersebut memiliki jarak tempuh sekitar setengah jam dengan sepeda motor dari Tanjung Balai Karimun.

Pantai Pelawan dan Pantai Pongkar dikelola oleh masyarakat setempat dan sumber penghasilan bagi warga yang berjualan makanan atau menyewakan pelampung kepada pengunjung.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar