Demokrat dan PKB daftar ke KPU Karimun

id Parpol,Demokrat,Pkb,Pemilu 2019,Kpu karimun

Demokrat dan PKB daftar ke KPU Karimun

Bakal caleg Demokrat dapil Karimun-Buru Amril Tanjung berfoto bersama Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko (kanan) dan komisioner Fakhrur Razi usai Partai Demokrat menyerahkan berkas pencalonan. (foto: Istimewa)

Selain wajah baru, calon `incumbent` juga ikut mencalonkan kembali yang diharapkan mampu mendulang suara dalam Pemilu 2019.
Karimun (Antaranews Kepri) - Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Selasa hingga pukul 13.00 WIB.

Partai Demokrat merupakan partai yang pertama mendaftarkan bakal caleg dipimpin Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Karimun Iwan Kusuma Darmaja, didampingi sejumlah kader dan simpatisan.

"Hari ini, berkas pencalonan sudah kita sampaikan dan sudah diterima oleh KPU. Dan alhamdulillah dinyatakan lengkap," kata Iwan Kusuma Darmaja usai penyerahan berkas pencalonan.

Iwan Kusuma mengatakan jumlah bacaleg yang didaftarkan sesuai dengan jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan (dapil) dengan total 30 kursi.

Dia menyebutkan semua ketentuan yang disyaratkan KPU sudah terpenuhi, termasuk kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

"Bakal caleg yang kita daftarkan merupakan kader terbaik yang telah mengikuti sejumlah tahapan penjaringan dan seleksi secara internal," kata dia.

Selain wajah baru, calon `incumbent` juga ikut mencalonkan kembali yang diharapkan mampu mendulang suara dalam Pemilu 2019.

Selang beberapa menit, massa Partai Kebangkitan Bangsa juga mendatangi Kantor KPU Karimun dengan berjalan kaki, diiringi tabuhan kompang.

Berkas pencalonan dari PKB diserahkan langsung oleh Ketua DPC PKB Karimun Nyimas Novi Ujiani yang diterima komisioner KPU Karimun Fakhrurrazi.
Ketua DPC PKB Karimun Nyimas Novi Ujiani menerima tanda terima pendaftaran berkas pencalonan dari komisioner KPU Karimun Fahrur Razi. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

KPU Karimun dalam kesempatan itu juga menyatakan bahwa syarat pencalonan dari PKB telah lengkap.

"Alhamdulillah dinyatakan lengkap, dan kita tinggal menunggu tahapan selanjutnya dari KPU," kata Nyimas.

Nyimas Novi Ujiani mengaku jumlah caleg yang didaftarkan juga sesuai dengan jumlah kursi di empat daerah pemilihan.

"Kursi kan 30, jadi calon yang kita daftarkan juga 30," kata dia.

Sedangkan keterwakilan perempuan, menurut dia, melebihi 30 persen, yaitu 40 persen.

"PKB Karimun memiliki banyak kader perempuan, bahkan ketua PAC juga banyak perempuan. Ini menunjukkan bahwa perempuan sudah banyak yang ikut berpolitik, tidak sekadar ikut-ikutan," kata dia.

PKB, kata dia, menargetkan sebanyak 5 kursi di DPRD Karimun.

"Saat ini kita sudah satu fraksi di DPRD dengan tiga kursi, dua kursi lagi kita harapkan berasal dari dapil 1 dan IV," ucapnya.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan hingga saat ini, jumlah partai yang telah mendaftarkan bacaleg sebanyak 8 partai, 6 partai lainnya menyerahkan berkas pada Senin, yaitu Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE