Gubernur berharap pasar Tebing ramai hingga malam

id ekonomi

Gubernur berharap pasar Tebing ramai hingga malam

Gubernur Kepri Nurdin Basirun (baju putih) meninjau pembangunan Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Karimun (Antaranews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun meminta agar aktivitas perekonomian masyarakat di Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun ramai siang hingga malam.
    
"Kalau sudah selesai, saya minta pasar ini ramai sampai malam hari. Ada pasar malamnya, sehingga ekonomi kerakyatan makin tumbuh dan berkembang," kata Nurdin di Karimun, Selasa (6/11).
    
Gubernur saat meninjau pembangunan pasar tersebut mengharapkan kepada Perusda yang akan mengelola pasar tersebut untuk menyiapkan satu atau beberapa kios khusus untuk warung kopi yang bisa berjualan sampai malam.
    
"Tanahnya masih lapang, bisa dibuat pasar malam. Taman bisa dibangun dan pohon-pohonnya bisa ditambah sehingga menjadi nyaman," kata dia.
    
Pemerintah Provinsi Kepri merevitalisasi Pasar Teluk Uma dengan anggaran sekitar Rp3,1 miliar sebagai bagian untuk mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat.
    
"Pasar ini sudah terlalu lama, saat saya masih kecil sudah ada. Sementara pembangunan telah membawa perubahan yang cukup besar. Jadi, wajar kalau pasar ini dibangun ulang," kata dia.
    
Dia berharap Pasar Teluk Uma dikelola dengan baik, dan aktivitas perdagangan berlangsung sampai malam hari, seperti di Pasar Puan Maimun yang malam hari menyediakan arena permainan anak-anak dan pusat jajajan masyarakat.
    
"Aktivitas ekonomi kerakyatan di Karimun makin bagus, lihat saja di Coastal Area yang ramai dengan perdagangan masyarakat. Kita berharap kondisi demikian juga terjadi di kecamatan-kecamatan lain," tuturnya didampingi Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Dirut Perusda Karimun Devanan Syam dan pejabat lainnya.
    
Pasar Teluk Uma dibangun dengan dua lantai dengan 26 kios, 14 kios di lantai dasar dan 12 kios di lantai dua. Untuk sementara, para pedagang yang berjualan di pasar ini, direlokasi menunggu selesainya pembangunan pasar tersebut.

Selain merevitalisasi Pasar Teluk Uma, Pemerintah Provinsi Kepri juga berencana merevitalisasi beberapa kios di Pasar Bukit Tembak, Kecamatan Meral.

"Pasar Bukit Tembak memang sudah dibangun dengan anggaran dari pusat, tapi itu untuk blok A dan B. Kita akan tambah lagi satu bangunan karena masih ada pedagang yang menempati kios lama," kata Nurdin Basirun.
    
Sementara itu, Dirut Perusda Karimun Devanan Syam mengatakan, Pasar Tanjungbatu, Kecamatan Kundur juga sedang direvitalisasi namun dengan menggunakan dana dari APBD Kabupaten Karimun.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE