BP Batam canangkan pembangunan zona integritas

id BP Batam,zona ,integritas

BP Batam canangkan pembangunan zona integritas

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo (paling kanan) menandatangani pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan BP Batam bersama para Deputi BP Batam.(Antaranews/Dok Humas BP Batam)

Proses transformasi tersebut bukan hanya didasarkan pada perhitungan selama satu tahun terakhir, namun merupakan hasil dari kerja keras BP Batam dan seluruh pemangku kepentingan di Batam pada tahun-tahun sebelumnya
Batam (Antaranews Kepri) BP Batam mencanangkan pembangunan zona integritas dan sosialisasi tentang Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, di Batam, Kamis, mengatakan pada akhir 2015, seluruh pegawai dan pimpinan BP Batam telah menandatangani pakta integritas menuju zona integritas. 

"Proses transformasi tersebut bukan hanya didasarkan pada perhitungan selama satu tahun terakhir, namun merupakan hasil dari kerja keras BP Batam dan seluruh pemangku kepentingan di Batam pada tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Lukita mengatakan, zona integritas sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian atau lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. 

"Atas dasar tersebut, BP Batam mencanangkan zona integritas di lingkungan BP Batam, selaras dengan harapan Presiden RI agar integritas pegawai BP Batam menjadi 'best practice' di semua lini pembangunan," ujarnya.

Lukita mengatakan agar pelaksanaan zona integritas berjalan dengan baik, syaratnya adalah dibangunnya sistem pengendalian agar kekurangan yang pernah terjadi dan hal-hal yang menyebabkan celah-celah penyimpangan dapat teratasi.

Hasilnya BP Batam mendapatkan beberapa  penghargaan nasional seperti laporan keuangan yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian, keterbukaan informasi publik, dan pelayanan terpadu satu pintu. 

"Ketiganya, seperti yang kita ketahui, mendapat beberapa penghargaan nasional dan menjadikan Batam sebagai wilayah yang diperhitungkan di pemerintah pusat," paparnya.

Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Budi Prawira, mengatakan tujuan kegiatan tersebut jangan hanya sekedar seremoni saja.

Namun bagaimana upaya dan tindak lanjut dari pakta integritas yang telah disepakati bersama. 

"Tentunya dengan memfokuskan diri meningkatkan 'good governance' dan mewujudkan WBK dan WBBM di BP Batam," jelasnya.

Budi menambahkan pengawasan yang dilakukan secara berkesinambungan harus dilakukan melalui satuan pengawas internal BP Batam.

Agar apa yang dicita-citakan BP Batam dapat terwujud. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan fakta integritas antara Kepala BP Batam dengan para Deputi BP Batam.

Kemudian penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas di BP Batam, dan sosialisasi WBK serta WBBM.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE