Penumpang Mudik Natal di Karimun capai 55.430 orang

id Kesra

Karimun (Antaranews Kepri) - Jumlah penumpang yang mudik hingga selama liburan Natal 2018 di pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mencapai 55.430 orang.
    
"Itu jumlah penumpang yang berangkat sampai Minggu (30/12). Sedangkan penumpang naik sebanyak 56.611 orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Mappeati di Tanjung Balai Karimun, Senin (31/12).
    
Mappeati mengatakan, data penumpang sebanyak itu dihitung sejak Kamis (20/12), atau sejak dibukanya posko pengamanan mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
    
Dia mengatakan berdasarkan selama 10 hari tersebut, maka puncak arus mudik Natal terjadi pada Minggu (23/12) dengan jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 5.166 orang, dan penumpang turun sebanyak 5.878 orang.
    
"Sebagian besar penumpang yang berangkat merupakan penumpang kapal untuk jurusan Riau daratan, seperti Dumai, Buton atau Selatpanjang," kata dia.
    
Dia mengatakan lalu lintas penumpang selama musim mudik Natal 2018 aman dan relatif lancar, meski sempat satu kapal kelebihan muatan.
    
Menurut dia, penumpang tidak perlu khawatir tidak dapat naik kapal sebab pihaknya sudah menyiapkan kapal cadangan yang siap diberangkatkan jika terjadi penumpukan penumpang.  
    
Mappeati memperkirakan puncak arus balik untuk penumpang kapal domestik diperkirakan pada Kamis (3/1/2019) dan penumpang luar negeri, yakni dari Singapura dan Malaysia diperkirakan Selasa (1/2/2019) besok.

"Kami berharap lalu lintas penumpang dan kapal berjalan lancar sampai berakhirnya liburan Natal dan Tahun Baru 2019," kata dia.
    
Dia kembali mengimbau kepada para calon penumpang untuk tidak memaksakan diri naik ke kapal jika sudah penuh demi keselamatan pelayaran.
    
"Kita menyiapkan tiga kapal cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, dan semuanya siap berlayar," kata dia.
    
Pantau di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, lalu lintas penumpang relatif berkurang dibandingkan Minggu (30/12). 
    
Kebanyakan penumpang yang berangkat maupun datang didominasi kapal dari Batam dan Tanjungpinang. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE