LAM: tidak patut pertambangan di makam bersejarah

id LAM Kepri,penambangan bauksit,makam raja bintan

LAM: tidak patut pertambangan di makam bersejarah

Lokasi makam yang dihancurkan perusahaan tambang (Nikolas Panama)

Bintan (ANTARANews Kepri) - Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau (LAM Kepri) menyatakan aktivitas penambangan bauksit tidak patut dilakukan di lokasi pemakaman bersejarah, seperti di Gisi, Kabupaten Bintan.

Ketua LAM Kepri Abdul Razak, yang dihubungi dari Bintan, Rabu, mengatakan merusak makam bersejarah merupakan perbuatan yang tidak terpuji.

Makam bersejarah yang dirusak di Gisi, yakni makam Panglima Bintan (Bentan).

"Harus ditelusuri siapa yang bertanggung jawab terhadap permasalahan ini. Apakah ada ijin atau tidak pertambangan tersebut? Kalau ada ijin, pemberi ijin juga bertanggung jawab," tegasnya.

Abdul Razak mengatakan ijin dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Karena itu, permasalahan ini akan dibahas dengan Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan.

"Kita beberapa tahun lalu sudah punya catatan buruk terhadap pertambangan bauksit yang dilakukan di sekitar kompleks makam bersejarah di Tanjungpinang. Seharusnya peristiwa yang sama tidak terulang lagi," tegasnya.
 

Berdasarkan pantauan Antara, aktivitas pertambangan bauksit di Gisi sudah dihentikan beberapa hari lalu oleh Tim Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Di lokasi itu juga sudah disegel, dan didirikan papan peringatan agar tidak melakukan aktivitas pertambangan bauksit.

Di lokasi pertambangan, menurut warga setempat dikelola oleh oknum anggota TNI dan oknum anggota DPRD Bintan. Lokasi tersebut kini dalam kondisi rusak parah.

Di lokasi masih terdapat batu bauksit. Namun sebelum lokasi itu disegel pihak KLHK, batu bauksit diangkut sudah diangkut ke lokasi yang berdekatan dengan Jembatan 2 Jalan Lintas Barat, tidak jauh dari Gisi.

Dari lokasi itu, puluhan truk mengangkut batu bauksit menuju pelabuhan yang berada di bawah jembatan tersebut. Hingga berita ini diturunkan, aktivitas pengangkutan batu bauksit ke kapal tongkang masih berlangsung.

Baca juga: Bongkar muat bauksit di Gisi, Kabupaten Bintan jadi sorotan (Video)

Baca juga: Lokasi Pemakaman Raja Bintan Dirusak Perusahaan Bauksit

Baca juga: Sekcam Bukit Bestari bantah terlibat tambang bauksit

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE