KPU Natuna targetkan pelipatan surat suara selesai akhir Maret

id Surat suara ,KPU Natuna,Pemilu 2019

KPU Natuna targetkan pelipatan surat suara selesai akhir Maret

KPU Natuna memperlihatkan surat suara yang dalam proses pelipatan. (Antara News Kepri/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Natuna, Junaedi Abdillah menyampaikan saat ini pihaknya sedang melipat surat suara Pemilu 17 April 2019, dan ditargetkan selesai akhir Maret.

Surat suara sebanyak 271.246 lembar itu merupakan surat suara untuk Pemilu Presiden, DPR RI, PRD Provinsi DPD dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Target, pelipatan surat suara rampung pada minggun ketiga bulan Maret,”terang Ketua KPU, Junaedi Abdillah, Sabtu (2/3).

Ia merincikan, jumlah surat suara untuk pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPD sebanyak 53.649 lembar.

Sementara DPRD Kabupaten dipecah menjadi tiga Dapil yaitu, Dapil 1 sebanyak 25.276 surat suara, Dapil II 13.156 surat suara dan Dapil III sebanyak 17.918 surat suara. Sedangkan untuk mengantisipasi surat suara rusak, akan disediakan surat suara ulang.

"Ada 1000 surat suara ulang. Itu akan diditipkan di Gudang Polres Natuna. Kemudian surat suara sisa hitung akan dimusnahkan," jelasnya.

Menanggapi keamanan kotak suara yang tebuat dari bahan karton duplex, Ia menyampaikan hal itu tidak perlu diragukan, karena karton ini tahan terhadap beban hingga 100 kg, dan juga tahan terhadap rembesan air.

“Kotak suara ini tahan beban hingga seratus kilo gram dan rembesan air. Namun jika direndam dalam air memang akan rusak karena terbuat dari karton, “terannya.

Sebagai antisipasi dalam pengiriman kotak suara nantinya, Ia mengatakan setiap pengiriman kotak suara akan dilapisi platik untuk menjaga kotak suara dan surat suara aman sampai di setiap TPS.

"Ada 1.031 kotak suara yang akan didistribusikan ke TPS," kata Junaedi.

Ia menargetkan, pendistribusian logistik dari KPU Natuna ke PPK akan  dimulai 9 hari sebelum tangal 17 April 2019.

Untuk melayani 52.587 pemilih, Ia mengatakan KPUD Natuna membutuhkan sebanyak 1589 orang petugas KPPS.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE