Yayasan Marga Yang Batam ajak warga donorkan darah

id marga yang batam, donor darah, donor darah batam, marga yang donor darah, pmi, pmi batam

Yayasan Marga Yang Batam ajak warga donorkan darah

Ketua Panpel Donor Darah MYB, Donny Yang (kedua dari kiri) mengajak warga masyarakat Kota Batam berpartisipasi mendermakan darah di Mega Mall, Minggu (24/3). (dok panitia)

Dengan demikian kita ikut serta menjaga stok bank-bank darah untuk menolong pasien di rumah-rumah sakit
Batam (ANTARA) - Yayasan Marga Yang Batam (MYB) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Batam mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah di Mega Mall Batam Center, Minggu (24/3) pukul 10.00 - 15.00 WIB.

"Ungkapan rasa syukur atas anugerah kesehatan diri adalah dengan menjadi donor darah. Dengan demikian kita ikut serta menjaga stok bank-bank darah untuk menolong pasien di rumah-rumah sakit," kata Ketua Panitia Pelaksana Donor Darah MYB, Donny Yang di Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Panitia menyediakan suvenir khas MYB sebagai apresiasi kepada setiap peserta aksi sosial kemanusiaan itu.

Donny mengatakan, sudah banyak  organisasi sosial, perusahaan swasta, instansi pemerintah menyelenggarakan donor darah, sedangkan bagi Yayasan MYB ,  kegiatan pada 24 Maret nanti merupakan  yang pertama kali.

"Ini perdana. Kami berharap kelak dapat melakukannya secara berkala. Kegiatan seperti ini merupakan sarana bagi warga MYB agar bersama warga masyarakat luas unjuk kepekaaan pada masalah kemanusiaan, khususnya dengan menjadi donor  darah sukarela," katanya.

Beberapa warga MYB  sudah biasa mendonorkan darah sehingga penyelenggaraan kegiatan  bersama ini diharapkan dapat menjadi pendorong bermunculannya donor-donor pemula baik dari kalangan internal maupun masyarakat luas.

Menurut pedoman dari PMI,  kegiatan kemanusiaan ini terbuka untuk  kalangan warga  berusia  17 tahun (dengan seizin orang tua) hingga 60 tahun (seizin dokter), sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 48 kg, dan interval minimal 75 hari sejak terakhir mendermakan darah. Khusus bagi perempuan, tidak sedang hamil, haid, dan atau menyusui bayi berusia kurang dari enam bulan.

Sangat disarankan calon peserta  makan tiga jam sebelum berpartisipasi dan cukup waktu beristirahat sebagai persiapan agar bugar.

Darah yang didonorkan dapat menolong pihak yang membutuhkan, dan bagi  individu-individu donor juga berguna untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. 

Manfaat lain,  PMI akan menyampaikan informasi kepada  donor yang terindikasi mengidap HIV, hepatitis B, hepatitis C, dan sipilis agar penanggulangannya dapat dilakukan secara dini. 

Baca juga: Karimun Peringati Hari Kesehatan dengan Donor Darah

Baca juga: Sebanyak 171 Personel Polda Kepri Donorkan Darah

Baca juga: PSMTI Karimun Akan Bentuk Relawan Donor Darah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE