26 SMP negeri di Batam siap gelar UNBK

id unbk batam, unbk batam 2019,ujian nasional berbasis komputer,sekretaris disdik batam andi agung, sekretaris disdik batam

26 SMP negeri di Batam siap gelar UNBK

Suasana pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Batam. (Naim)

Secara keseluruhan, sudah sekitar 60 persen sekolah yang UNBK
Batam (ANTARA) - Sebanyak 26 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Batam Kepulauan Riau siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, yang dimulai 22 April 2019.

"Kalau SMP negeri, dari 59 sekolah, yang sudah melaksanakan UNBK sebanyak 26 sekolah," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Sebanyak 33 SMP negeri lainnya masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pinsil (UNKP).

Dia mengatakan jumlah pelaksanaan UNBK tahun ini bertambah dibanding tahun sebelumnya yang hanya di 8 sekolah. Sedangkan untuk swasta sudah dilaksanakan di semua sekolah.

Ia mengatakan, penyelenggaraan UNBK di pulau utama masih terkendala keterbatasan jumlah komputer di setiap sekolah. Sesuai ketentuan, untuk menyelenggarakan UNBK, sekolah memiliki minimal satu per tiga dari peserta UN. Sedangkan untuk di pulau penyangga, pelaksanaan UNBK terkendala jumlah komputer, jaringan listrik dan internet.

"Kalau di kota, memang baru 26 sekolah, karena diterapkan bertahap. Tapi kalau dibanding 2018, hanya 8 sekolah saja. Secara keseluruhan, sudah sekitar 60 persen sekolah yang UNBK," kata dia.

Menurut dia, Disdik telah melaksanakan simulasi UNBK di sekolah dan tidak ada kendala, setiap sekolah relatif siap menjalankannya.

Disdik Batam juga sudah menghubungi  Bright PLN  Batam, untuk memastikan kehandalan jaringan listrik saat pelaksanaan UNBK.

UN di setiap sekolah rata-rata dilaksanakan dalam 3 sesi. Siswa mengerjakan soal bergantian.

"Ada juga SMP swasta yang menumpang di SMP negeri. Kebetulan karena lokasinya berdekatan," kata dia.

Baca juga: Sekda berharap siswa lulus 100 persen

Baca juga: Wujud dukungan Pemkab Lingga bersama Telkomsel di pelaksanaan UNBK

Baca juga: Di hari pertama UNBK dua siswa SMK Singkep tak ikut ujian

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE