Wujud dukungan Pemkab Lingga bersama Telkomsel di pelaksanaan UNBK

id Wujud Dukungan Pemkab Lingga bersama Telkomsel di pelaksanaan UNBK

Wujud dukungan Pemkab Lingga bersama Telkomsel di pelaksanaan UNBK

UNBK di SMK Mahardhika Singkep (Antaranews Kepri/Nurjali)

Ya, maka dari itu kita meminta dukungan kepada beberapa provider, khususnya untuk mengatasi kebutuhan akses data
Lingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Bidang Humas dan Kominfo Kabupaten Lingga bersama-sama dengan operator Telkomsel, siap mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Cumputer Based Test (CBT) yang sebelumnya pada Senin (25/3) kemarin sudah dilaksanakan pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terlebih dahulu dan pada pekan depan akan dilanjutkan dengan pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) sederajat.

"Sejak saat simulasi UNBK beberapa pekan lalu, kita sudah mengoptimalkan jaringan kita. Ada juga beberapa sekolah yang menghubungi kita, dan kita bantu pengecekan kualitas jaringan datanya," kata Yurianda Syahputra Pane selaku SPV RTPO dari Telkomsel Tanjungpinang, kepada Antara.

Berdasarkan pantauan dari Telkomsel di daerah-daerah, sekolah-sekolah di Tanjungpinang pada umumnya sudah menggunakan layanan Indihome Telkom, sementara di Lingga dan sebagian besar wilayah Bintan, masih menggunakan tethering HP atau modem, dengan mengandalkan sinyal 3G ataupun 4G Telkomsel untuk konektivitas saat UNBK nanti.

Dengan melihat kondisi tersebut, pihak bersama dengan pemerintah Kabupaten Lingga telah berupaya melakukan peningkatan jaringan dari 2G/3G menjadi 4G. Hal tersebut juga harus dilakukan oleh Kominfo Kabupaten Lingga, mengingat tidak semua sekolah yang ada di Kabupaten Lingga bersentuhan langsung dengan akses internet berbasis fiber optic.

"Ya, maka dari itu kita meminta dukungan kepada beberapa provider, khususnya untuk mengatasi kebutuhan akses data,” kata Kabag Kominfo Humas, melalui Kasubbag Informatika, Ady Setiawan.

Berdasarkan data dari Telkomsel, selama 3 bulan terakhir ada beberapa wilayah yang sudah diupgrade dari 2G/3G menjadi 4G, antara lain Desa Rejai Kecamatan, Bakung Serumpun, Desa Sedamai dan Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Marok Kecil di Kecamatan Singkep Selatan, Marok Tua, Desa Kuala Cukas, Desa Tinjul, Desa Sungai Buluh dan Desa Sungai Harapan di Singkep Barat.

Kemudian diwilayah Singkep  Desa Batu Berdaun dan Kebun Nyiur, ada juga Pulau Bukit dan Benan di Katang Bidare, Panggak Darat dan Desa Merawang di Kecamatan Lingga; Desa Sungai Pinang di Kecamatan Lingga Timur, serta Desa Tajur Biru di Kecamatan Temiang Pesisir. 

Disamping 3 dari 6 tower yang ada di Dabo juga sudah diupgrade dari 4G menjadi 4G+ 
kemudian, untuk peningkatan kualitas dan jangkauan komunikasi, akan dibangun new coverage (tower baru) dengan layanan 3G di Polres Dabo, Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep.

Terlepas dari peningkatan dan perbaikan tersebut, Pemkab Lingga menekankan, progres ini memang difokuskan untuk kegiatan UNBK, dan juga sebagai bentuk dukungan Telkomsel kepada dunia pendidikan di Kabupaten Lingga. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE