Koarmada I tangkap dua KIA di Laut Natuna

id korarmada I ,kapal ikan asing,kapal ikan vietnam,illegal fishing

Koarmada I tangkap dua KIA di Laut Natuna

Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam ditangkap Koarmada I yang diduga melakukan aktivitas illegal fishing di laut Natuna Utara pada Jumat (5/4). Dari penangkapan tersebut diamankan dua nakhoda dan 20 orang ABK. (Antaranews Kepri/Istimewa)

Batam (ANTARA) - Koarmada I menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) di laut Natuna Utara yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal pada Jumat (5/4).

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, melalui rilis yang diberikan kepada Antara, Sabtu (5/4) disampaikan penangkapan berawal saat KRI Usman Harun melaksanakan patroli rutin di wilayah barat perairan Indonesia dan mendapatkan kontak kapal pada posisi 05° 45’ 438’’ U - 106° 43’ 596’’ T, tepatnya di Laut Natuna Utara. 

Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Usman Harun 359 melaksanakan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan dilanjutkan dengan proses pemeriksaan dan penggeledahan terhadap dokumen, ABK, dan muatan kedua KIA tersebut. 

Dari hasil pemeriksaan diperoleh data nama kapal KIA BV 92674 TS, kebangsaan Vietnam, Nakhoda Tran Van Hung, dengan jumlah ABK delapan warga negara Vietnam.

Di dalam kapal tersebut ditemukan muatan empat palka isi ikan campuran dan es. 

Kemudian KIA BV 0288 TS, kebangsaan Vietnam dengan Nakhoda Tran Van Thai, dan jumlah ABK 12 orang yang seluruhnya WN Vietnam. 

Didalam kapal didapati muatan satu palka isi ikan campuran dan es. 

Saat diamankan, kedua KIA Vietnam tersebut sedang melaksanakan kegiatan "illegal fishing" di wilayah perairan Indonesia (ZEEI), sehingga Komandan KRI Usman Harun-359 Letkol Laut (P) Himawan memerintahkan agar kedua KIA Vietnam tersebut ditarik menuju Lanal Batam guna proses hukum lebih lanjut. 

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, mengatakan 

penangkapan KIA merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Menurutnya, kegiatan "illegal fishing" di wilayah perairan Indonesia terus menjadi incaran KIA negara tetangga.

"Namun keberadaan kapal-kapal tersebut dapat terdeteksi oleh KRI Koarmada I yang sedang melaksanakan patroli rutin dalam menjaga keamanan di wilayah perairan Indonesia," ujarnya. 

Kata dia, unsur KRI Koarmada I agar meningkatkan patroli di perbatasan serta tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktifitas ilegal serta pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat.(Antara)

Baca juga: Koarmada I kembali tangkap tiga kapal Vietnam

Baca juga: Koarmada I kembali gagalkan penyeludupan baby lobster di Batam

Baca juga: Koarmada I tangkap kapal ikan asing di Natuna

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE