Koarmada I tangkap kapal ikan asing di Natuna

id Kapal ikan asing,Nelayan vietnam

Koarmada I tangkap kapal ikan asing di Natuna

Kapal Ikan Asing (KIA)berbendera Vietnam diamankan tim KRI Bung Tomo di perairan Natuna Utara pada Minggu (17/2). Dari rilis yang diterima Antara KIA tersebut masuk ke wilayah Indonesia tanpa dilengkapi dokumen dan diduga hendak melakukab pencurian ikan.(Antaranews Kepri/Dok Koarmada I)

Batam (Antaranews Kepri) - Komando Armada 1 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang diduga melakukan pencurian ikan di laut Natuna Utara pada Minggu (17/2).

Dari rilis yang diberikan Koarmada I kepada Antara, Rabu, disampaikan penangkapan tersebut berawal saat KRI Bung Tomo-357 melaksanakan patroli sektor.

Saat berada di laut Natuna Utara, Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin RH mendapatkan informasi jika ada kapal asing yang melakukan pelanggaran di perairan Indonesia.

KIA tersebut diketahui berada pada posisi 05° 51’ 40” U - 105° 49’ 50” T, tepatnya di Perairan Laut Natuna Utara. 

KRI Bung Tomo 357, lantas melakukan pengejaran dan menangkap KIA yang dicurigai melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. 

Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal BT 99506 TS, Tonage 99 GT kebangsaan Vietnam. Dengan nakhoda atas nama Hanghuu dan ABK tiga orang. 

Kapal diketahui bermuatan Solar 1/3 Palka.

Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, kapal BT 99506 TS diduga melaksanakan kegiatan di dalam wilayah landas kontinen Indonesia tanpa dilengkapi dokumen.

Dari dugaan pelanggaran tersebut, Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin R.H., memerintahkan agar Kapal BT 99506 TS di adhoc ke Lanal Batam untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.(Antara) 

Baca juga: Bakamla tangkap kapal ikan Malaysia di Anambas

Baca juga: Kejari Natuna tenggelamkan 26 KIA

Baca juga: Polda Kepri tangkap dua kapal ikan asing

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE