Pemkot Batam bersama TPID gelar pasar murah Ramadhan

id pasar murah ramadhan, pasar murah batam, tpid batam, pebrialin

Pemkot Batam bersama TPID gelar pasar murah Ramadhan

ilustrasi pasar murah ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat menggelar pasar murah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat saat Ramadhan 1440 Hijriah.

"Ini merupakan jadwal tambahan pasar murah TPID di bulan Ramadhan. Awalnya kami hanya menjadwalkan tiga hari di awal dan tiga hari di akhir, tambahan ini berdasarkan arahan Wali Kota," kata Sekretaris TPID Kota Batam, Pebrialin di Batam, Rabu.

Pemerintah sengaja menjalankan pasar murah untuk menstabilkan i harga sembako di pasar, sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dengan harga yang terjangkau.

Pemkot dan TPID menggandeng distributor untuk menjajakan barangnya secara langsung di pasar murah, sehingga harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah dibanding harga pasar.

Selain itu, bahan pangan yang dijual juga didapat dari BUMN, pelaku usaha binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan.

Bahan pangan yang dijajakan antara lain beras, gula, daging sapi beku, daging ayam beku, telur, bawang merah, bawang putih, cabai, kentang, sayur mayur, minuman, mentega, tepung, minyak goreng, susu, ketupat instan, kacang, ikan, dan sayur-sayuran.

Bawang putih dan bawang merah dijual Rp25 ribu/Kg, cabai merah Yogyakarta Rp33 ribu/Kg, cabai merah Barelang Rp40 ribu/Kg, telur ayam Rp38 ribu/papan, daging sapi beku Rp75 ribu/Kg, ayam beku Rp30 ribu/ekor, beras Bulog kemasan 5 Kg seharga Rp48 ribu dan ikan benggol Rp17 ribu/kg.

"Alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi untuk berbelanja di Pasar Murah TPID ini," pria yang juga menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdako Batam.

Pasar murah rencananya dilaksanakan selama 10 hari pertengahan Ramadan, mulai Rabu (15/5) secara bergilir di penjuru kota.

Pada hari pertama pelaksanaan, Rabu (15/5), pasar murah digelar di Fasum Perumahan Taman Lestari Blok E RW 14 Kelurahan Kibing, Batuaji.

Esoknya, Kamis (16/5) pasar murah TPID di halaman Kantor Camat Bengkong. Pada Jumat (17/5), di Baloi Kolam dan Sabtu (18/5) di depan Kantor Camat Sagulung.

Kemudian dilaksanakan berturut turut di depan Profab Kelurahan Batumerah Kecamatan Batuampar, lapangan bola Tanjungriau Kecamatan Sekupang, dan Pasar Seroja Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung.

Lalu gedung serba guna Kantor Lurah Tanjungpiayu, Kecamatan Sei Beduk, Ruko Pemda II, Kecamatan Batuaji, serta fasum Kaveling Senjulung RT 01 RW 12 Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

"Pasar murah TPID ini kita mulai pukul 08.00 setiap hari, dijadwalkan sampai siang, sekitar pukul 14.00 WIB," kata dia.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar