SMP 14 Bintan Perdana UNBK 2020

id tambelan, bintan, unbk

SMP 14 Bintan Perdana UNBK 2020

Kepala SMP Negeri 14 Bintan, Oki Selfebri menunjukkan sapras pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020 mendatang di ruang mutlimedia milik sekolah tersebut. SMP Negeri 14 Bintan merupakan sekolah pertama di Tambelan yang bisa melaksanakan UNBK sejak 1951 silam. ANTARA/saudmckashmir

Tambelan, Kepri (ANTARA) - SMP Negeri 14 Bintan di Kecamatan Tambelan secara perdana siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April 2020 mendatang sejak berdiri pada 1951 silam.

Kesiapan tersebut terlihat dari sejumlah sarana prasarana penunjang UNBK dari Pemerintah Kabupaten Bintan 2019 yang telah terpasang di ruang multimedia milik SMP Negeri 14 Bintan, Desa Hilir, Kecamatan Tambelan.

"Alhamdulillah 27 set komputer telah siap terpasang bersamaan dengan 30 mobiler berupa meja dan kursi," kata Kepala SMP Negeri 14 Bintan, Oki Selfebri.

Menurut dia, komitmen Pemkab Bintan dalam mendukung pelaksanaan UNBK di Tambelan tidak hanya menyediakan komputer, tetapi juga melengkapi jaringan internet vsat berkecepatan 5 Mbps beserta jaringan koneksi ke 27 unit komputer serta server untuk pelaksanaan UNBK pada perencanaan 20-23 April 2020 mendatang.

Oki menjelaskan bahwa sebelum bantuan dari Pemkab Bintan tiba di Tambelan pada November 2019, pihak SMP Negeri 14 Bintan berupaya keras supaya bisa melaksanakan UNBK. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah meminjam 5 set komputer untuk melaksanakan ujian tersebut dari SMA Negeri 1 Tambelan.

Bahkan, pihak SMP telah berkoordinasi dengan MTS swasta Tambelan untuk melakukan upaya yang sama melaksanakan UNBK perdana di Tambelan. Akan tetapi, tidak ada kelanjutan dari pihak sekolah tersebut.. 

"Sehingga kami bergerak sendiri untuk mewujudkan pelaksanaan UNBK dengan talangan dana melalui utang. Hasilnya, Alhamdulilah seperti saat ini SMP Negeri 14 Bintan siap melaksanakan UNBK," tuturnya.

Oki juga telah mengatur jadwal UNBK berdasarkan jumlah komputer dan 87 murid SMP Negeri 14 Bintan melalui pembagian kelompok ujian.

"UNBK di SMP Negeri 14 Bintan kami bagi ke dalam  3 sesi, sesi 1 diikuti 28 siswa mulai dari pukul 8-10 WIB, dilanjutkan dengan sesi 2 dan sesi 3 setiap pelajaran per hari," ujar Oki pada Antara.

Oki berharap  meski Tambelan berada jauh dari ibu kota kabupaten atau provinsi, tapi upaya yang dilakukan SMP Negeri 14 Bintan bertujuan agar Tambelan sejajar dengan kemajuan sekolah lain di daerah ibu kota.

Dari pantauan Antara, hanya SMP Negeri 14 Bintan adalah sekolah yang bisa melaksanakan UNBK perdana di Kecamatan Tambelan sejak berdiri pada 1951 silam.

Sementara, SMA Negeri 1 Tambelan yang beberapa tahun lalu telah lebih dulu memiliki jaringan internet iforte dari Kominfo pusat melalui program Sinyal Pintar belum bisa melaksanakan UNBK.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar