Fadlan Lailatul Qadri, pebulutangkis cilik Karimun ingin seperti Ginting

id pebulutangkis cilik Karimun,bulu tangkis,badminton,fadlan lailatul qadri,Li Ning Cup Batam

Fadlan Lailatul Qadri, pebulutangkis cilik Karimun ingin seperti Ginting

Fadlan Lailatul Qadri didampingi ayahnya, Yulizar. Fadlan lolos seleksi untuk mengikuti pembinaan dan pelatihan bulu tangkis di klub PB Rajawali Isvill, Tangerang, Banten. (ANTARA/Rusdianto)

Idola saya Anthony Ginting. Saya ingin seperti Ginting
Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Pepatah ini mungkin tepat ditujukan kepada Fadlan Lailatul Qadri, siswa kelas V SDN 013 Teluk Air, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Gara-gara sering diajak ayahnya bermain bulu tangkis, bahkan sejak kelas III SD, Fadlan, demikian dia biasa disapa, kini menjadi penggila olahraga menepuk shuttlecock ini dan perlahan-lahan menoreh prestasi, melampaui ayahnya yang bermain bulu tangkis sekadar hobi dan berolahraga untuk membuang keringat.

"Alhamdulillah, Fadlan lolos seleksi yang dilakukan PB Rajawali Isvill Tangerang, Banten. Dia akan dibina dan dilatih di sana menjadi pebulutangkis profesional. Besok ia berangkat ke Tangerang, melalui Batam," kata ayah Fadlan, Yulizar di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Yulizar mengaku senang dan bangga anak bungsu dari empat bersaudara itu bisa mengikuti pembinaan di klub badminton sebesar PB Rajawali Isvill. 

"Fadlan mengikuti jejang abangnya, Iqbal Nasrullah yang kini bergabung di klub PB Djarum," kata pegawai di Dinas Pangan dan Pertanian Karimun ini.

Yulizar menceritakan, Fadlan menggandrungi badminton memang gara-gara sering diajaknya ke lapangan badminton. Dan sejak kelas III SD, dia mulai melatih anaknya itu bagaimana cara mengayunkan raket menepuk shuttlecock.

"Saya latih karena dia tampaknya begitu hobi bermain badminton. Dan saya dukung bagaimana anak saya itu bisa meraih prestasi dengan mengikuti berbagai kejuaraan," kata mantan Sekretaris Kecamatan Belat ini.

Fadlan, tutur dia, sering mengikuti kejuaraan bulu tangkis anak usia dini, dan sering meraih juara, kalau tidak juara 1, dia meraih juara 1 atau 3. Fadlan juga pernah meraih juara 3 cabang bulu tangkis turnamen O2SN tingkat Provinsi Kepri pada 2019.

"Terakhir Fadlan meraih juara 3 dalam kejuaraan bulu tangkis Li Ning Cup di Batam, itu karena mengalami cedera atau keseleo pada pertandingan semifinal," katanya.

Turnamen Li Ning Cup di Batam itu, menurut dia, diikuti para pebulutangkis cilik tingkat nasional, dan turnamen ini menjadi salah satu sarana bagi PB Rajawali Isvill Tangerang untuk mencari bibit pebulutangkis berbakat.

"Fadlan sudah dipantau oleh Rajawali Isvill, dan mereka menilai Fadlan memiliki potensi. Dan waktu saya tanya, Fadlan mengaku senang mengikuti pembinaan di PB Rajawali Isvill. Makanya saya berupaya untuk mencari biaya bagaimana dia bisa berangkat ke sana," kata dia.

Menurut Yulizar, PB Rajawali Isvill menanggung seluruh biaya selama Fadlan mengikuti pembinaan dan pelatihan di sana. "Kecuali biaya sekolah, itu saya yang tanggung. Tapi mereka yang mencarikan sekolahnya, saya terima bersih saja," katanya.
 
Disinggung soal bulu tangkis, Yulizar pemerintah daerah perlu meningkatkan pembinaan untuk cabang olahraga bulu tangkis untuk mendukung PBSI untuk merebut kembali supremasi Indonesia pada cabang olahraga bulu tangkis di dunia. 

"Dari dulu Indonesia rajanya bulu tangkis dunia. Sayangnya, perhatian pemerintah daerah belum begitu menonjol dalam upaya menumbuhkan bibit-bibit pebulu tangkis berbakat sejak usia dini," ujar Yulizar.

Seperti Anthony Ginting

Sementara itu, Fadlan mengaku senang bisa menjalani pembinaan di klub bergengsing PB Rajawali Isvill Tangerang.

Fadlan mengaku ingin menjadi pebulu tangkis profesional yang terkenal seperti Anthony Sinisuka Ginting, pebulutangkis tunggal putra Indonesia yang baru merebut gelar juara Indonesia Masters 2020.

"Idola saya Anthony Ginting. Saya ingin seperti Ginting," ucap Fadlan.

Fadlan bertekad ingin mewujudkan cita-citanya sebagai pebulutangkis profesional, dengan fokus belajar sambil berlatih di PB Rajawali Isvill.

''Saya ingin mengikuti jejang abang yang sudah bergabung di PB Djarum," kata Fadlan lagi.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar