Program Emas Biru untuk Natuna pasca-corona

id Natuna, BNPB, Doni Monardo, program Emas Biru

Program Emas Biru untuk Natuna pasca-corona

Foto bersama, Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo dengan para Wartawan, Media dan pengiat media sosial Natuna usai silaturahmi dan penutupan Bimtek bagi Wartawan, Media dan Penggiat Media Sosial Natuna di Aula Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (25/2) malam. (Antara Kepri/ Cherman)

Natuna (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letjen Doni Monardo, pascapemulangan dan observasi WNI dari Wuhan di Natuna, Ia berencana memberikan perhatian khusus kepada Natuna melalui penguatan ekonomi kerakyatan melalui program "Emas Biru" di Natuna.

"Malam ini sengaja saya undang kita semua yang hadir pada malam ini, karena ada program yang akan saya kenalkan untuk Natuna, yaitu program "Emas Biru", kata, Kepala BNPB, Doni Monardo pada acara penutupan bimbingan teknis kebencanaan kepada wartawan, media dan pegiat sosial media Natuna di Aula Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa malam.

Menurutnya, Natuna memiliki potensi sumberdaya alam luar biasa dan harus segera dioptimalkan demi kemakmuran masyarakat Natuna dan Indonesia.

“Natuna maju, Indonesia juga akan ikut maju. Sebab Natuna adalah etalase poros maritim Indonesia yang berada di posisi strategis, baik dari segi ekonomi maupun pertahanan,” ujar Letjen Doni.

Baca juga: BNPB gelar bimtek kepada wartawan dan pegiat media sosial Natuna

Upaya mewujudkan itu, dilakukan Kepala BNPB melalui pendekatan ditingkat kementerian, terutama Kementerian Kelautan Perikanan. Lembaga ini, menurutnya, mempunyai sumber pendanaan yang sangat konsen dalam pengembangan sumberdaya kelautan dan perikanan di Indonesia.

“Malam ini saya juga undang dari Kementerian KP, ada juga pengusaha swasta. Saya kepingin mereka ini bisa investasi di Natuna,” ungkap Kepala BNPB, sembari memperkenalkan salah satu pengusaha bergerak di bidang eksportir kepada peserta bimtek.

Saat ini, pemerintah Indonesia fokus memajukan Kabupaten Natuna. Tentunya hal ini harus disambut baik oleh pemerintah setempat termasuk masyarakat serta para pegiat sosial media dalam mempromosikan Natuna dimata dunia.

“Ayo temen-temen yang punya kanal youtube boleh dishare di situs web BNPB. Saya pingin situs youtube itu isinya tentang potensi sumberdaya alam Natuna salah satunya pariwisata,” ajaknya.

Baca juga: Natuna tak keberatan jadi lokasi observasi WNI

Tahun ini, lanjutnya, pihaknya juga akan menggagas sebuah program "Emas Biru" di Natuna dan itu sudah pernah dilakukanya di daerah Maluku pada saat dirinya menjabat sebagai Panglima Kodam XVI Patimura. Bahkan saat ini ekonomi didaerah itu naik signifikan.

“Namanya emas biru, nanti saya pingin program ini bisa direalisasikan di Natuna. Teknisnya akan dilaksanakan oleh Kementerian KP dan kelompok nelayan budidaya,” pungkas Doni sembari memutar video mengisahkan pengolahan budidaya ikan di Maluku.

Baca juga: Basarnas Natuna evakuasi ABK MT. Mapan Kanpikopn karena sakit

Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar