Sampel darah 188 WNI ABK World Dream sudah lengkap

id ABK World Dream,virus corona,sampel darah

Sampel darah 188 WNI ABK World Dream sudah lengkap

Helikopter TNI yang membawa sampel darah 188 WNI ABK World Dream lepas landas dari KRI Semarang di kawasan perairan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Sebanyak 69 WNI ABK Diamond Princess yang negatif virus corona rencananya akan diobservasi di pulau tersebut setelah melewati seluruh tahapan pemeriksaan kesehatan di KRI dr Soeharso. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan, sampel darah dari 188 anak buah kapal (ABK) World Dream sudah lengkap untuk kelengkapan pemeriksaan.

"Sekitar 50-an sampel darah yang sudah dibawa ke laboratorium Kementerian Kesehatan," kata Yudo di Dermaga Pulau Lipan, Selasa.

Yudo menjelaskan, sebagian sampel darah sudah diambil saat perjalanan di dalam KRI dr Soeharso-990 dari Selat Durian, dekat perairan Batam, Kepulauan Riau, Rabu (26/2) lalu.

Baca juga: Kru Kapal World Dream bantu siapkan makanan di Sebaru Kecil

Baca juga: Observasi kru kapal Diamond Princess dan World Dream dilakukan terpisah


Selasa siang, sampel darah itu diantar Kopaska Koarmarda I ke KRI Semarang-594. Selanjutnya, sampel darah itu dibawa menggunakan helikopter milik KRI Semarang-594 ke Jakarta.

"Itu sampel darah dari 188 peserta observasi kapal World Dream yang sebelumnya belum selesai diambil," kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Budi Silvana.

Budi menjelaskan pemeriksaan sampel darah itu hanya melengkapi pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya karena semua awak kapal itu negatif dari virus corona.

Peserta observasi dari 188 pekerja kapal World Dream dari Hongkong sudah memulai proses observasi sejak Jumat (28/2). Mereka didampingi 67 petugas kesehatan selama 14 hari observasi.

Baca juga: Pasukan Katak dan Polair sterilkan lokasi observasi 188 WNI

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE