Imigrasi dan KKP perketat pemeriksaan ABK asing

id berita aceh terkini,berita aceh,berita aceh barat,Imigrasi,KKP Meulaboh,Aceh

Imigrasi dan KKP perketat pemeriksaan ABK asing

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh Azhar. ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

Meulaboh (ANTARA) - Otoritas Imigrasi bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat memperketat pemeriksaan kesehatan terhadap anak buah kapal (ABK) asing di perairan Aceh.

Hal ini dilakukan guna mencegah sebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang kini sudah menjadi pandemi di dunia.

“Sejauh ini pemeriksaan terhadap tenaga kerja asing (TKA) di kapal ekspor pengangkutan material batu bara masih terus dilakukan dan ditingkatkan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh Azhar melalui Kepala Seksi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Hari Adi Pianto di Meulaboh, Ahad.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh, kondisi kesehatan anak buah kapal yang melakukan kegiatan eskpor batu bara, serta kegiatan impor material proyek di Aceh dalam kondisi sehat.

Menurut dia, sebelum kapal yang ditumpangi warga asing ini mengangkut material batu bara ke luar negeri, seluruh ABK asing tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas KKP.

Setelah dinyatakan kondisi kesehatannya sehat, lanjut dia, barulah otoritas Imigrasi melakukan pengecekan dokumen keimigrasian terhadap warga asing.

“Jadi, sejauh ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh masyarakat Aceh karena ABK asing yang melakukan aktivitas ekspor impor di perairan Aceh dalam kondisi sehat, dan tidak ada yang terpapar virus tertentu,” kata Hari Adi Pianto menambahkan.

Pihaknya tetap melakukan prosedur pemeriksaan anak buah kapal yang merupakan warga asing setelah seluruh WNA di kapal dinyatakan dalam kondisi sehat.

“Meski dinyatakan sehat, ABK asing ini tetap tidak boleh turun ke daratan. Mereka semua tetap berada di dalam kapal dan dilarang bersentuhan dengan warga lokal,” katanya menjelaskan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE