Tiga kampus di Indonesia raih peringkat 100 besar dunia versi THE

id ui, universitas indonesia,ipb

Tiga kampus di Indonesia raih peringkat 100 besar dunia versi THE

Gedung Rektorat UI. (ANTARA/Feru Lantara)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga perguruan tinggi di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan IPB University berhasil meraih peringkat 100 besar dunia versi Times Higher Education (THE) 2020 dalam kategori Impact Ranking.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam mengatakan tiga perguruan tinggi Indonesia menorehkan prestasi sangat membanggakan karena masuk 100 besar dunia pada THE Impact Ranking yaitu UI peringkat 47, UGM peringkat 72 dan IPB University peringkat 77.

"Prestasi ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sangat berperan bagi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya menjadi menara gading, namun menjadi menara air. Pengabdian perguruan tinggi Indonesia kepada masyarakat diakui dunia internasional," kata Nizam dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.



Nizam menjelaskan pemeringkatan Impact Ranking yang dilakukan oleh THE dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

THE Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia.

Nizam menambahkan selain tiga perguruan tinggi masuk peringkat 100 besar dunia THE Impact Ranking, enam perguruan tinggi Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi yang menggembirakan yaitu Universitas Padjadjaran peringkat 101-200, Universitas Brawijaya peringkat 201-300, Universitas Airlangga peringkat 301- 400, ITB peringkat 301-400, Universitas Diponegoro peringkat 301-400 dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) peringkat 401-600.

Nizam berharap prestasi itu menjadi pemacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Peran dan sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi COVID-19 ini diharapkan juga dapat ditingkatkan mulai dari pencegahan hingga penanganan COVID-19," terang dia.***3***
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE