Kehidupan normal baru di Batam akan dimulai 15 Juni 2020

id virus corona batam,new normal batam

Kehidupan normal baru di Batam akan dimulai 15 Juni 2020

Tokoh masyarakat menandatangani pernyataan kesanggupan memenuhi protokol kesehatan dalam menyongsong kehidupan normal baru di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (27/5/2020). (ANTARA/Naim)

Batam (ANTARA) - Kebijakan kehidupan normal baru di Kota Batam, Kepulauan Riau rencananya dimulai pada 15 Juni 2020 ditandai dengan pembukaan tempat ibadah, industri, dan lainnya.

"Tanggal 15 akan dibuka semua. Menjelang itu, bagaimana semua dibersihkan," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam rapat bersama tokoh masyarakat dan pengusaha di Batam, Rabu.

Provinsi Kepri (termasuk Kota Batam) bersama Yogyakarta dan Bali ditetapkan sebagai percontohan dalam penerapan kehidupan normal baru oleh pemerintah pusat.

Meskipun angka penularan COVID-19 di Kota Batam belum benar-benar melandai, kehidupan normal baru tetap diterapkan di Batam, karena kota itu dinilai mampu mengendalikan virus corona jenis baru tanpa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ia mengatakan pemberlakuan kehidupan normal baru tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan aktivitas tetap dengan jarak sekitar dua meter antarorang.

Pemkot Batam pun meminta seluruh pihak menandatangani pernyataan bersama pembatasan aktivitas masyarakat pada pandemi COVID-19, demi persiapan kehidupan normal baru.

Kesepakatan itu, antara lain kesanggupan memenuhi kewajiban dalam menjalankan usaha atau kegiatan, kesangggupan memenuhi aspek keamanan dan keselamatan masyarakat, dan penyelenggara sesuai protokol kesehatan.

"Rumah ibadah, dibuka kembali, tapi dengan syarat pernyataan harus ditandatangani mengikuti protokol kesehatan," kata dia.

Ia mengatakan mulai Kamis (28/5), seluruh pihak harus mematuhi protokol kesehatan itu.

Pemkot dan Badan Pengusahaan Batam akan menugasi seluruh karyawannya yang bekerja dari rumah untuk ikut melakukan pengawasan di lingkungannya.

Batam memiliki 17 hari untuk bersiap menghadapi kehidupan normal baru, untuk hidup berdampingan dengan COVID-19.

"Agar 17 hari ke depan COVID berteman dengan kita. Tapi dia tidak boleh atur kita. Kita yang atur COVID," kata pria yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam itu.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE