Tim SAR berhasil selamatkan nelayan korban kecelakaan di laut Natuna

id Natuna, KPP Natuna, SAR, Basarnas, Kecelakaan Nelayan, Leo Umbara, Mexianus Bekabel, potensi SAR Natuna

Tim SAR berhasil selamatkan nelayan korban kecelakaan di laut Natuna

Kapal nekayan Natuna saat di temukan dalam kondisi mesin kapal mengalami masalah di Laut Natuna, Sabtu (4/7) malam. (Antara Kepri/ Cherman)

Natuna (ANTARA) - Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna berhasil menyelamatkan 5 orang korban kecelakaan kapal nelayan akibat mati mesin dengan melaksanakan operasi SAR di laut Natuna Utara, Sabtu malam.



“Tim kita membantu korban karena kapal mereka mengalami masalah pada baling-baling mesin", kata Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel kepada ANTARA saat berada diatas kapal KN SAR Sasikirana, Natuna, Minggu dini hari.



Sebelumnya, KPP Natuna menerima laporan dari kerabat korban atas nama Wan Septa Adrian pada pukul 21.30 WIB. 



Atas laporan tersebut, sejumlah Tim Rescue yang dipimpin oleh Kasubsi SDM KPP Natuna, Leo Umbara segera melakukan operasi SAR mencari keberadaan korban kurang lebih 1 jam dan ditemukan pada koordinat 04°0,531′ N 108°28.246‘ E.



"Nelayan dengan jumlah 5 orang tersebut, kapal mereka mengalami mati mesin akibat baling-baling kapal terlilit oleh tali milik kapal itu sendiri", kata Mexi.



Selanjutnya, kapal nelayan berukuran 5 GT milik Joko (50) warga Natuna itu diketahui telah selamat, dan dipastikan telah kembali merapat ke pelabuhan Jemengan, Ranai, Bunguran Timur, Natuna, Minggu dini hari dengan dikawal oleh Tim Rescue KPP Natuna menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB).



Ferri salah satu korban menceritakan terjadinya masalah pada kapal mereka saat ingin berpindah lokasi memancing sekitar pukul 19.30 WIB.



"Kami ingin menepi, saat ombak semakin besar bang, tiba - tiba kipas (baling - baling kapal) tersangkut tali belakang, mesin tidak bisa beroperasi, untungnya kami bisa menghubungi kerabat", kata Ferri.



Pasca kejadian tersebut, Ia beserta rekannya mengucapkan terima kasih atas upaya Tim SAR Natuna dalam upaya melakukan operasi SAR sehingga mereka berhasil diselamatkan.



"Saya mewakili teman - teman berterima kasih sekali atas kesigapan Tim SAR Natuna telah membantu kami, sehingga kami bisa kembali dengan selamat, sukses buat Basarnas", kata Ferri saat tiba di Pelabuhan Jemengan Minggu dini hari.



 

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar