Pelaku UMKM di NTT kurang berminat dengan pinjaman tanpa bunga

id umkm,kredit tanpa bunga,pinjaman,peningkatan pasar

Pelaku UMKM di NTT kurang berminat dengan pinjaman tanpa bunga

Ilustrasi: Perajin memperlihatkan cara menenun kain NTT (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Kupang (ANTARA) - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kurang berminat untuk memperoleh pinjaman tanpa bunga yang diluncurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya sementara fokus bagaimana caranya bisa membayar pinjaman. Jadi kalau tambah pinjaman lagi saya rasa itu bukan cara yang tepat," kata Pemilik UMKM Ensikei, Karolina Yunita Yalla-Liwulangi kepada ANTARA di Kupang, Sabtu.

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan program pinjaman tanpa bunga yang diluncurkan Pemprov NTT untuk membantu UMKM di daerah itu.

Menurut dia, usaha yang digelutinya itu sedang dibebani bunga pinjaman dari bank dan PLN yang memberi pinjaman untuk mengembangkan usahanya.

Karena itu, dia mengatakan dirinya lebih fokus mencari cara untuk bisa membayar pinjaman. "Jadi kalau tambah pinjaman lagi, saya rasa itu bukan cara yang tepat," katanya.

Menurut Karolina, yang harus dilakukan sekarang adalah menambah penjualan bukan menambah pinjaman karena menambah pinjaman memang bisa membantu memenuhi kebutuhan jangka pendek.

"Tetapi saya pribadi, yang saya butuhkan adalah menambah penjualan dan penghasilan," katanya.

Dia hanya berharap pemerintah dapat membantu membuka pasar atau kesempatan bagi UMKN untuk berjualan.

"Kalau memang CFD atau pameran tidak bisa dibuka, tolong buka pameran online yang bisa diakses oleh masyarakat seluruh Indonesia," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE