Lingga jadi yang pertama dapat ATM dukcapil dari Kemendagri

id ATM dukcapil kemendagri

Lingga jadi yang pertama dapat ATM dukcapil dari Kemendagri

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mewakili Kemendagri menyerahkan bantuan ATM Dukcapil kepada Penjabat Sekda Lingga Syamsudi di aula kantor Bupati Lingga, Jumat (20/11). (ANTARA/HO)

Tanjungpinang (ANTARA) - Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendapatkan bantuan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dukcapil atau yang disebut anjungan Dukcapil mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri untuk mempermudah pelayanan pembuatan e-KTP masyarakat.

"ADM ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi," kata Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mewakili Kemendagri untuk menyerahkan bantuan ADM kepada Penjabat Sekda Lingga Syamsudi di aula kantor Bupati Lingga, Jumat.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu mengatakan ADM tersebut sebagai bentuk apresiasi dari Kemendagri, karena capaian perekaman e-KTP di Lingga sudah di atas 100 persen.

Bahkan, masyarakat di usia 16 tahun di daerah berjuluk "Bunda Tanah Melayu" itu sudah merekam e-KTP. Sehingga begitu usia mereka sudah 17 tahun, e-KTP sudah siap dicetak.

"Saya juga mendorong masyarakat usia 15 tahun direkam semua. Jadi tiba masanya dicetak, tinggal cetak saja," ujarnya.

Lingga menjadi daerah pertama di Kepri yang mendapatkan bantuan ADM Kemendagri berkat kerja keras Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Bahtiar berharap Lingga menjadi daerah percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia, khususnya Kepri.

"Kalau daerah lain ingin mendapatkan bantuan ATM dukcapil seperti Lingga. Maka, harus proaktif mendorong warga merekam e-KTP," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE