Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menanggapi  pencopotan Brigjen Pol. Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK dengan menegaskan komitmen Polri memperkuat pemberantasan korupsi di Tanah Air.

“Tentunya, Polri sampai sekarang masih berkomitmen terus mendorong penguatan terhadap KPK, khususnya dalam tugas pemberantasan korupsi,” kata Kapolri dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Polri telah menarik Irjen Pol. Karyoto selaku Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK menjadi Kapolda Metro Jaya, sedangkan Brigjen Pol. Endar Prantoro tetap dipertahankan di KPK. Namun, KPK menyatakan sudah dinonaktifkan.

Menurut Sigit, jika kedua pejabat KPK tersebut ditarik kembali ke Polri berimplikasi pada pelemahan KPK dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Yang jelas Polri berkomitmen untuk terus memperkuat KPK. Kalau dua orang pada posisi strategis di KPK secara bersamaan kami tarik, tentunya justru melemahkan KPK," kata Sigit.

Ia memastikan Polri menghormati dan taat azas terhadap seluruh aturan yang berlaku terkait personel-personel kepolisian yang melakukan penugasan di luar struktur kementerian dan lembaga, termasuk KPK.

Ia menjelaskan, Brigjen Endar Prantoro sebelum penugasan di KPK telah melakukan proses penawaran terbuka yang cukup berat dan ketat dilaksanakan oleh Panitia Seleksi KPK.

“Tentunya bersaing dengan beberapa calon lain dan kemudian terpilih,” kata dia 

.



 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolri tegaskan komitmen dukung KPK berantas korupsi

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024