Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) melalui Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) mengagendakan Festival Halal Fair 2024 bertajuk 'Kepri Ramadhan FEST 2024' untuk memeriahkan bulan Ramadhan tahun ini.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Kepri, Luki Zaiman Prawira, mengatakan pelaksanaan Festival Halal Fair 2024 rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin yang juga Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS).

"Untuk itu, kita perlu mempersiapkan kegiatan dimaksud dan mengirimkan data konfirmasi kegiatan ke pengurus KNEKS," kata Luki usai memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Festival Halal Fair 2024 di Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Kamis.

Rapat ini, kata Luki, merupakan tindak lanjut rapat bersama KNEKS tanggal 24 Januari 2024, di mana 24 provinsi di Indonesia yang sudah mendirikan KDEKS, termasuk Kepri agar melaksanakan Festival Halal Fair 2024 pada bulan Ramadhan.

Kemudian, melanjutkan hasil rapat koordinasi pada tanggal 12 Februari 2024 di Ruang Rapat Bank Indonesia Kepri di Kota Batam, maka Pemprov Kepri perlu mempersiapkan rencana kegiatan tersebut.

Luki menyampaikan kegiatan festival tersebut akan digelar di Gedung Daerah, Tugu Sirih Gurindam 12 dan Jalan Merdeka Kota Lama di Kota Tanjungpinang.

Acara akan dilaksanakan selama sepuluh hari, yaitu mulai hari Jumat tanggal 15 Maret 2024 sampai Minggu, 24 Maret 2024.

"Dengan acara yang masif dan padat, kita menargetkan pengunjung di atas 10.000 orang. Jumlah tenan atau UMKM yang meramaikan acara diperkirakan 300 UMKM grade satu," ungkap Luki.

Lanjut Luki menyampaikan bahwa Pemprov Kepri berencana menjadikan Kepri Ramadan FEST sebagai agenda rutin setiap tahun dari KDEKS Kepri. Tujuannya menyemarakkan bulan suci Ramadhan sekaligus menggeliatkan ekonomi daerah, khususnya para pelaku UMKM.
 

Pewarta : Ogen
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024