Natuna (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menyebut tidak ada bakal calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di daerah itu.

Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Senin mengatakan pendaftaran telah dibuka pada 8-12 Mei 2024.

"Hingga batas akhir jadwal penerimaan tidak ada yang didaftarkan dan mendaftarkan serta menyerahkan syarat dukungan pencalonan perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Natuna 2024," ucap dia.

Kata dia, bakal calon perseorangan yang maju pada Pilkada 2024 di Natuna wajib mengantongi sekitar 5.751 dukungan dalam bentuk fotokopi kartu tanda penduduk (KTP). "Syaratnya sekitar lima ribu lebih," ujar dia.

Ia menjelaskan untuk pendaftaran pasangan calon melalui partai dijadwalkan pada Agustus 2024.

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukan proses perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

"Hari ini saya akan melakukan seleksi wawancara ke calon anggota PPK di Pulau Serasan," imbuh dia.

Terpisah Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Siswandi memastikan pihaknya akan terus mengawasi seluruh tahapan Pilkada 2024 di daerah itu.

Ia memastikan tahapan yang telah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Untuk pencalonan perseorangan kita sudah buat surat imbauan yang ditujukan kepada TNI, Polri dan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna agar tidak memberikan dukungan (KTP)," ucap dia.

Baca juga: KPU Kepri sebut belum ada bakal calon perseorangan serahkan syarat dukungan

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024