Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau, menggelar pelatihan pemandu wisata budaya untuk pegiat wisata dan budaya setempat.
 
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda di Natuna, Rabu, berharap pelatihan itu bisa menciptakan pemandu wisata yang kompeten, yang  akan berdampak positif pada kunjungan wisata ke daerah itu.
 
"Tingkatkan pariwisata Natuna dengan pelatihan ini," ucap dia.
 
Sementara itu Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Wan Andriko, mengatakan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata budaya.
 
"Sasarannya peserta mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan wisata, dan memahami pentingnya mengembangkan pengetahuan budaya dan cagar budaya serta interpretasi dalam pemanduan wisata," ucap dia.
 
Kata dia, kegiatan dilaksanakan selama empat hari, 24-27 Juli 2024, dengan metode pelatihan berupa pemaparan materi, diskusi, kerja kelompok, serta praktik.
 
"Sumber dana dari kegiatan ini dari dana alokasi khusus non fisik 2024," ujar dia.
 
Peserta kegiatan tersebut berasal dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Natuna, komunitas pendukung pariwisata dan budaya serta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Natuna.
 
Ia berharap kegiatan berjalan dengan lancar, dan ilmu yang didapat  bisa diterapkan dalam pekerjaan yang digeluti oleh peserta.
 
"Narasumber pada kegiatan ini merupakan pengelola museum Sri Serindit Ranai, dan Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) Kepri," kata dia.

Baca juga:
RSUD Natuna sosialisasikan penyakit DBD kepada pengunjung dan pasien

Sebanyak 8.572 anak ditargetkan dapat vaksinasi polio

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024