Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan satu pasangan calon (paslon) yaitu Nuryanto - Hardi Selamat Hood (NADI) mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan pada hari pertama, untuk maju Pilkada Batam 2024.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Sabtu mengatakan paslon NADI telah mengajukan surat pemberitahuan secara resmi kepada KPU Batam sebelumnya, yang kemudian dilanjutkan kepada pihak Rumah Sakit Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Tim paslon sudah sampaikan surat satu hari sebelum pelaksanaan pemeriksaan, kepada kami dan inilah yang kemudian akan kami teruskan ke rumah sakit sebagai bentuk kerja sama kami antara KPU dan RS. Dan paslon NADI memang sudah menyampaikan surat resmi untuk mengikuti pemeriksaan pada hari ini dan besok," ujar Mawardi.

Sementara untuk paslon Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra (ASLI) akan mengikuti pemeriksaan kesehatan pada tanggal 1-2 September 2024.

"Kami sebagai penyelenggaraan memberikan pelayanan selagi masih dalam tahapan, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Mawardi menyampaikan, hasil pemeriksaan kesehatan paslon mempengaruhi paslon untuk bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

Ia menambahkan hasil pemeriksaan juga akan disampaikan dan diplenokan pada tanggal 3 September mendatang.

"Ini bagian dari persyaratan pencalonan, harus melakukan pemeriksaan kesehatan. Terkait hasilnya kita tunggu dari RS, plenonya di tanggal 3 September," kata dia.

Bacalon Wali Kota Batam Nuryanto menyampaikan beberapa rangkaian pemeriksaan kesehatan telah dilalui di antaranya pemeriksaan mata, telinga, darah, jantung, hingga tes urin.

"Pemeriksaan saraf juga belum. Besok kami akan pemeriksaan psikotes," kata Nuryanto.

Ia menambahkan selama pemeriksaan kesehatan berlangsung tidak ada kendala, sebab dilakukan oleh dokter-dokter yang profesional.

"Insya Allah kalau hasilnya sehat atau tidak, ya kita tunggu hasil laporan pemeriksaannya. Tapi hasil dari keseluruhan pemeriksaan ini kami menghargai, menghormati dan sangat profesional. Mudah-mudahan hasilnya baik," ujar dia.

Bacalon Wakil Wali Kota Batam Hardi Selamat Hood menyatakan ia bersama Nuryanto dalam kondisi yang baik dan siap melaksanakan tugas jika terpilih.

"Kalau pesan dari KPU sebelum tes tidak boleh merokok dulu dan harus puasa. Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi Batam. Tahapan ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mengikuti proses demokrasi," kata dia.

Baca juga:
Tiga paslon Pilkada Karimun 2024 laksanakan tes kesehatan

KPU: 2 paslon Pilkada Natuna jalani pemeriksaan kesehatan di RSBP Batam

RSBP Batam lakukan pemeriksaan 8 bakal paslon Pilkada

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024