Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), melatih masyarakat pulau penyangga yakni Serasan, mengelola pondok wisata atau homestay yang dimiliki.
 
Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Wan Andriko dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Selasa, mengatakan pelatihan digelar di Pulau Serasan selama tiga hari pada 8-10 Oktober 2024.
 
Pelatihan pengelolaan usaha pondok wisata ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi, pengelola usaha pondok wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.
 
Sedangkan sasaran kegiatan yakni agar peserta mengetahui dan memahami karakteristik pelayanan pondok wisata, agar peserta mengetahui dan memahami standar pondok wisata yang berlaku di Indonesia dan negara-negara ASEAN, serta agar peserta mengetahui dan memahami pengelolaan pondok wisata secara profesional.
 
"Anggaran yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non-fisik," ujar dia.
 
Ia menyebut peserta pelatihan merupakan pengelola pondok wisata yang ada di Kecamatan Serasan dan Serasan Timur, serta masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata yang ada di Pulau Serasan.

Wan Andriko berharap peserta mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh agar ilmu yang didapat bisa digunakan untuk mengelola pondok wisata yang dimiliki.
 
"Narasumber pada pelatihan ini adalah praktisi di bidang pariwisata Bapak Budiman Parsaoran Sihombing, beliau juga pimpinan salah satu tur dan travel di Batam, dan juga Sekretaris Harian Badan Pengelola Geopark Natuna Bapak Ryannaldo," ucap dia.

Baca juga: Basarnas Natuna dan Airnav Tanjungpinang jalin kerja sama

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024