Batam (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau (Kepri) mengedukasi para pelaku usaha di Desa Ekang Anculai, Bintan, terkait tata kelola keuangan yang cerdas dan efisien.

“Melalui kegiatan ini, OJK Kepri mengedukasi masyarakat desa mengenai pengelolaan keuangan keluarga dan pelaku usaha, yang terkait dengan investasi dan proteksi atau pengalihan risiko. Kegiatan ini merupakan bagian dari tahapan inkubasi kedua pada program ekosistem keuangan inklusif (EKI),” kata Kepala OJK Kepri Sinar Danandjaya saat dihubungi di Batam, Ahad.

Program EKI terdiri atas tiga tahapan, yaitu pra-inkubasi, inkubasi dan pasca-inkubasi.
 

Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan, Desa Ekang Anculai, serta BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pegadaian.

“Sasaran dari kegiatan ini meliputi ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), perangkat desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta pelaku usaha di Desa Ekang Anculai,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, BPJS Ketenagakerjaan mengedukasi masyarakat terkait proteksi atau pengalihan risiko, seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua.

Sementara itu, PT Pegadaian mensosialisasikan materi mengenai investasi emas melalui produk tabungan emas atau cicil emas untuk mengantisipasi inflasi, sehingga dapat mencapai tujuan keuangan.

“Selain itu, OJK juga memberikan edukasi terkait perencanaan keuangan dan kewaspadaan terhadap aktivitas keuangan ilegal, seperti investasi bodong, pinjaman online ilegal, serta kejahatan keuangan digital,” tambahnya.

Kepala Desa Ekang Anculai Zaili Adi mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai wadah berilmu dan edukasi. “Kami mendapatkan banyak ilmu bermanfaat tentang tata kelola keuangan, semoga ini dapat membantu pelaku usaha, keluarga dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan masing-masing,” katanya.
 

Pengelola bank sampah di Ekang Anculai Tri Agustina juga menyambut positif program ini. "Kegiatan ini sangat inspiratif dan membantu pelaku usaha dalam mengelola keuangan, sehingga laporan usaha lebih terdokumentasi dan kerugian bisa diminimalisasi," tuturnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat desa dapat mengimplementasikan tahapan-tahapan pengelolaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

Program EKI bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat desa, termasuk Desa Ekang Anculai, serta dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya tata kelola keuangan, dan tentang manfaat produk-produk keuangan.

 


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024