Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengusung tema "Menuju Kabupaten Karimun Sejahtera, Maju, dan Berdaya Saing" dalam debat pertama pasangan calon bupati-wakil bupati peserta Pilkada 2024 yang digelar pada 19 Oktober mendatang.

"Debat ini akan menjadi momen penting bagi para calon untuk menyampaikan visi misi mereka dalam membangun Kabupaten Karimun yang lebih sejahtera dan kompetitif pada masa depan," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun Mardanus saat dihubungi di Batam, Kamis.

Ia mengatakan tema debat itu mampu mencakup berbagai isu penting yang menjadi perhatian masyarakat Kabupaten Karimun.

"Untuk subtema disesuaikan dengan surat dari KPU Republik Indonesia yang meliputi beberapa poin penting, yakni fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, serta menyerasikan pembangunan Kabupaten Karimun sesuai dengan Provinsi Kepri dan secara nasional," ujarnya.

Mardanus menyorot tentang persoalan daerah yang akan menjadi topik hangat pada debat pasangan calon.

"Persoalan daerah mencakup berbagai hal, tetapi kami harap yang akan diangkat mengenai pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, penanganan sampah, pertambangan, hingga ekspor pasir," katanya.

Mardanus menambahkan bahwa KPU telah meminta para pasangan calon untuk mempersiapkan diri sesuai dengan tema dan subtema yang telah ditentukan.

Sementara untuk panelis debat, ia menegaskan tidak akan dipublikasikan untuk menjaga kerahasiaan dan objektivitas.

"Kami sudah berhasil menggandeng stasiun televisi lokal untuk menyiarkan debat secara langsung. Tetapi, debat juga akan disiarkan melalui kanal YouTube, Facebook, radio lokal, dan laman resmi KPU Karimun," tambahnya.

Dengan begitu, masyarakat bisa menyaksikan debat perdana pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Karimun sebagai salah satu referensi sebelum menetapkan pilihan.

Pilkada Kabupaten Karimun diikuti tiga pasangan calon, yakni Iskandarsyah-Rocky Bawole nomor urut 1, Firmansyah-Ery Suandi nomor urut 2, dan Bakti Lubis-Raja Bakhtiar nomor urut 3.

Baca juga:
Polda memantau proses pencetakan surat suara Pilgub Kepri

KPU Kepri menetapkan debat pilkada 2024 digelar di Batam

KPU Karimun agendakan debat cabup pada 19 Oktober dan 9 November


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024