Batam (ANTARA) - KPU Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengagendakan debat calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) pada 19 Oktober dan 9 November 2024.

“Kami sudah mengerucut dan menetapkan tanggal yaitu pada 19 Oktober dan yang kedua pada 9 November, tinggal finalisasi dalam waktu dekat,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun Mardanus saat dihubungi di Batam, Sabtu.

Mardanus mengatakan bahwa kedua debat akan disiarkan melalui TV lokal, TV nasional, siaran langsung di platform Youtube dan Facebook, radio lokal, serta laman resmi KPU Karimun.

“Untuk TV lokal kami masih mengusahakan, tetapi akan kami gencarkan di berbagai platform agar masyarakat Karimun dapat menyaksikan bersama-sama dan mengenal program kerja para pasangan calon secara menyeluruh,” katanya.

Baca juga: KPU Kepri hanya adakan satu kali debat paslon Pilkada 2024

Debat tersebut akan berlangsung di hotel berlokasi di Kecamatan Karimun, dan akan mengutamakan undangan terbatas untuk tim pasangan calon, partai politik pengusung, organisasi perangkat daerah (OPD), instansi terkait, perwakilan perguruan tinggi, tokoh masyarakat, dan perwakilan masyarakat.

“Kami berharap di debat tersebut terangkat topik mengenai perekonomian rakyat, itu salah satu topik penting dan topik hangat untuk didiskusikan,” ujar Mardanus.

Metode yang akan dipakai saat debat adalah metode gelas kaca atau fishbowl yang akan menentukan topik dan pertanyaan secara acak.

“Untuk substansi dan pertanyaan debat, akan kami bahas lebih intens dengan para panelis,” tutupnya.

KPU Kabupaten Karimun mengharapkan keaktifan masyarakat dalam mengikuti debat ini agar bisa lebih mengenal visi dan misi masing-masing pasangan calon, demi memilih pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi Karimun di masa mendatang.

Pilkada 2024 di Kabupaten Karimun diikuti oleh tiga paslon yakni Iskandarsyah dan Rocky Bawole sebagai nomor urut 1, Firmansyah dan Ery Suandi sebagai nomor urut 2, dan pasangan Bakti Lubis dan Raja Bakhtiar mendapatkan nomor urut 3.

Baca juga: KPU Lingga bakal gelar dua kali debat pada Pilkada 2024


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024