Patuh protokol kesehatan merupakan praktik agama yang mulia

id Presiden Jokowi,Waisak,COVID-19,Tri Suci Waisak

Patuh protokol kesehatan merupakan praktik agama yang mulia

Presiden Jokowi saat menghadiri acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis yang digelar pada Kamis (27/5) secara virtual. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 merupakan praktik keagamaan yang mulia dan menghormati sesama umat manusia untuk memperoleh berkah kesehatan.

"Kepatuhan menerapkan protokol kesehatan merupakan praktik keagamaan yang mulia, menghormati dan menghargai sesama umat manusia, dan bersama-sama berupaya memperoleh berkah kesehatan," kata Presiden Jokowi saat menghadiri Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis yang digelar virtual, Kamis, dipantau dari Jakarta.
 

Presiden Jokowi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Buddha yang dalam perayaan hari raya ini tetap menerapkan protokol kesehatan, menghindari kerumunan dalam beribadah, mengurangi mobilitas selama libur hari raya, dan menyelenggarakan peringatan Tri Suci Waisak secara virtual.

Kepala Negara berharap peringatan Hari Tri Suci Waisak ini digunakan sebagai momentum untuk memperkokoh komitmen menghormati makna hidup dan kehidupan, menjalankan praktik-praktik kebenaran untuk meraih keharmonisan, serta mengajarkan Dharma sebagai pedoman dalam menunaikan tugas dan kewajiban.
 

Dengan menjalankan Dharma, kata Presiden, umat Buddha memperoleh kesempatan untuk menata keseimbangan batin, memuliakan keagungan Tuhan Yang Maha Welas Asih, serta memuliakan harkat dan martabat kemanusiaannya sebagai umat beragama.

"Butir-butir keluhuran ajaran Dharma juga sangat relevan dengan situasi pandemi saat ini. Mengingatkan kita untuk terus melangkah di jalan kebaikan, mengendalikan diri dari perilaku buruk, meningkatkan kepedulian kepada sesama, serta membantu dengan tulus dan iklas," ujarnya.
 

"Atas nama pemerintah, keluarga, dan pribadi saya menyampaikan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak Tahun 2021 atau 2565 Tahun Buddhis kepada umat Buddha di seluruh Tanah Air," ucap Presiden.

Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis kali ini mengangkat tema "Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju". Peringatan hari raya umat Buddha ini juga dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
 

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE