Pos lintas batas di Serasan sangat strategis bagi ekonomi maritim

id indef,plbn serasan,natuna,sangat strategis,ekonomi maritim

Pos lintas batas di  Serasan sangat strategis bagi ekonomi maritim

Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Serasan yang berada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau oleh Kementerian PUPR. Ekonom Indef Eko Listiyanto memperkirakan PLBN Serasan akan menjadi PLBN sangat strategis ke depannya secara politik maupun ekonomi. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto memperkirakan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, akan menjadi PLBN yang sangat strategis untuk mendukung perekonomian maritim Indonesia.

"Saya rasa iya akan menjadi PLBN sangat strategis ke depan," ujar Eko saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Dia menilai bagaimanapun Indonesia sangat berkepentingan dengan Natuna dalam konteks sebagai wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kemudian dalam konteks secara ekonomi ketika suatu kawasan dibangun tentunya jika perekonomian di PLBN ini berkembang akan dibutuhkan infrastruktur penting seperti Kantor Kesyahbandaran.

"Tentunya jika Kantor Kesyahbandaran ini nanti dibangun untuk melengkapi PLBN Serasa, kantor tersebut akan mengurus banyak hal bukan hanya mengawasi transportasi laut namun juga mendorong perekonomian transportasi laut dan nelayan sekitar PLBN Serasan," kata Eko.

Kendati demikian, lanjut Eko, terdapat tantangan di mana lokasi pembangunan PLBN Serasan Natuna tersebut tepat berada di titik tengah pertemuan negara-negara ASEAN seperti Kamboja, Malaysia, Vietnam, dan Singapura.

Ekonom tersebut mengungkapkan bahwa banyak negara-negara lain menjalankan strategi serupa dalam mengembangkan wilayah-wilayah perbatasannya. Mereka juga melakukan pembangunan PLBN yang bertujuan untuk menumbuhkan pusat ekonomi baru di perbatasan.

Pembangunan PLBN selain bertujuan untuk mengukuhkan legitimasi atas kedaulatan wilayah, juga sekaligus untuk menunjukkan kontribusi negara bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan, seperti Natuna.

"Menurut saya pembangunan PLBN Serasan di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, ini merupakan langkah sangat strategis dari pemerintah yang dilakukan secara bertahap," kata Eko Listiyanto.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan PLBN Serasan Natuna rampung pada awal 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Pembangunan kawasan perbatasan PLBN Terpadu Serasan tidak hanya bangunan pos lintas batas saja, namun juga Kantor Syahbandar untuk mendukung pengawasan transportasi laut.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar