Sepi peminat pembuatan paspor di Imigrasi Tanjungpinang

id Pembuatan paspor turun

Sepi peminat  pembuatan paspor di Imigrasi Tanjungpinang

Warga antre mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Kepulauan Riau. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Sepi peminat untuk permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang  sepanjang semester I tahun 2021 imbas COVID-19, dari yang biasanya mencapai 2.000 per bulan kini menjadi 100 hingga 400 per bulan.

Selama pandemi ini jumlah pemohon pembuatan paspor di kantor yang berpusat di ibu kota Provinsi Kepri itu berkisar 10 orang per hari, sedang sebelumnya bisa mencapai 80 orang per hari.

"Sepanjang Januari-Juni 2021, kami hanya menerbitkan 1.893 paspor," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang Irwanto, Selasa.

Menurutnya para pemohon pembuatan paspor saat pandemi rata-rata dari kalangan anak sekolah, pegawai negeri, pengusaha, hingga masyarakat awam.

Keperluannya beragam, mulai dari persiapan umroh, haji, dan jalan-jalan ke luar negeri.

"Mereka buat paspor untuk jaga-jaga saja. Kalau COVID-19 sudah mereda, tinggal digunakan berangkat ke luar negeri," ujar Irwanto.

Lanjut Irwanto memastikan pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang tetap berjalan normal meski dalam kondisi COVID-19 ditambah pemberlakuan PPKM level empat yang sekarang tengah berjalan.

"Kantor kami masih melayani pengurusan paspor dengan protokol kesehatan ketat. Kecuali ada pegawai terpapar COVID-19, baru ditutup sementara," ucapnya.

Adpun rincian jumlah paspor per bulan yang diterbitkan Imigrasi Kelas I Tanjungpinang pada periode Januari-Juni 2021. Yaitu, Januari 223 paspor, Februari 322 paspor, Maret 444 paspor, April 412 paspor, Mei 358 paspor, dan Juni 134 paspor.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar