Kemenkes siap tambah kebutuhan di RSBP Batam

id RSBP Batam,Kemenkes RI,BP Batam,Kepri

Kemenkes siap tambah kebutuhan di RSBP Batam

Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Sekretaris Jenderal Menteri Kesehatan RI, Kunta Wibawa Dasa Nugraha menujukkan Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani. ANTARA/HO-Humas BP Batam

Batam (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) siap menambah kebutuhan Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam agar mampu menjadi rujukan pasien dari luar negeri.

“BP Batam membuat konsep besar untuk rumah sakit, yang tidak hanya melayani, tetapi juga melakukan pendidikan dan penelitian bagi dokter-dokter spesialis. Nantinya, semoga pasien dari luar negeri juga berobat ke RSBP Batam,” Sekretaris Jenderal Menteri Kesehatan RI, Kunta Wibawa Dasa Nugraha dari keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Batam Kepulauan Riau, Sabtu.

Dukungan yang diberikan Kemenkes RI itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau kesepakatan dalam Bidang Kesehatan antara BP Batam dengan Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga:
Kemenkes-BP Batam sinergi kembangkan layanan kesehatan

Skuad Persib Bandung dijamu Kepala BP Batam

 

“Kemenkes RI siap mendukung upaya BP Batam untuk memaksimalkan dan menyediakan hal-hal yang dibutuhkan untuk pengelolaan RSBP Batam,” ujar Kunta Wibawa.

Ketentuan kerja sama yang disepakati meliputi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pemanfaatan data informasi, dukungan administratif, penyusunan rekomendasi kebijakan pembangunan kesehatan serta pengembangan sarana dan prasarana.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi berharap, dengan adanya kesepakatan ini menjadi awal dari kerjasama yang baik demi kemajuan investasi di bidang kesehatan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Awal masa pandemi COVID-19, semua tidak bisa berobat ke luar negeri, terutama ke Singapura dan Malaysia. Dan RSBP Batam, menjadi rujukan masyarakat Kepri,” kata Rudi.

Kesepakatan ini kata Rudi, menjadi langkah baru untuk memberikan nilai tambah RSBP Batam yang nantinya terintegrasi dengan KEK Kesehatan Sekupang.

“Saya berharap RSBP Batam menjadi Rumah Sakit rujukan regional, untuk bagian Sumatera dan menjadi kebanggaan untuk masyarakat Batam,” ujar Rudi.

Baca juga:
BP Batam tingkatkan layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar

DPRD NTB pelajari pengelolaan RSBP Batam guna persiapan bangun RS Mandalika

 

RSBP Batam yang terletak di Tanjung Pinggir, Sekupang, memiliki layanan unggulan Cardio Cerebro Vascular, Trauma Center, dan Onkologi.

RSBP Batam juga telah menambah lima layanan pada tahun 2021, antara lain Studi Elektrofisiologi dan Ablasi Jantung, Endourologi, Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) dan Retrograde IntraRenal Surgery (RIRS), Mammography dan Paviliun Alamanda di Klinik Kesehatan Jiwa.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE