Tiga negara berpartisipasi dalam Kenduri Seni Melayu 2022 di Batam

id kepri,batam ,pariwisata ,KSM

Tiga negara berpartisipasi dalam Kenduri Seni Melayu 2022 di Batam

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Perwakilan dari tiga negara direncanakan akan ambil bagian dalam Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2022 bertempat di Harbour Bay Batu Ampar, pada tanggal 21-23 Juli 2022.

"Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, insya Allah akan hadir, kita lagi di tunggu konfirmasi juga dari negara-negara lain," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Batam, Selasa.

Ia mengharapkan dalam KSM tahun ini dapat menggaet beberapa negara tetangga lainnya untuk ikut serta dalam acara tahunan Kota Batam tersebut.

Pada tahun ini, KSM menyuguhkan beragam penampilan kebudayaan Melayu seperti musik, tari, membaca puisi, berpantun, dan permainan rakyat yang dikemas dalam panggung pentas yang menarik dan menghibur.

"Tahun ini selain menampilkan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ada berpantun dan permainan rakyat, juga penampilan dari mancanegara," ujar Ardiwinata.

Baca juga:
Kondisi 202 sapi yang diduga idap PMK di Batam mulai membaik

Pemkot Batam catat 393ekor kambing asal Lampung mati

Adapun permainan rakyat yang disuguhkan dalam KSM tahun ini di antaranya kaki bajang (egrang), gasing, seletup, dan canang.

Selain itu, akan ada 100 stand bazar kuliner dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam yang ikut meramaikan KSM 2022, sehingga pelaksanaan acara KSM dilakukan di luar ruangan (outdoor).

"Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2022 KSM digelar outdoor (luar ruangan)," kata dia.

Kata Ardiwinata, pada KSM tahun ini akan ada penampilan spesial yakni lagu genre gazal berjudul "Bulang Mufakat" yang berhasil meraih juara satu dari kegiatan Lomba Cipta Lagu Melayu Tahun 2022.

Baca juga:
Infinite Studios rampungkan "shooting" serial horor Losmen Melati

BMKG imbau masyarakat pesisir di Kepri waspada banjir rob pada 11-19 Juli 2022

Kenduri Seni Melayu masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

KEN merupakan wadah perkumpulan event Indonesia dan strategi Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi dan budaya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kenduri Seni Melayu 2022 di Batam diikuti tiga negara tetangga

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE