Wagub Marlin ajak mubalig manfaatkan teknologi perluas jangkauan dakwah

id Dakwah digital

Wagub Marlin ajak mubalig manfaatkan teknologi perluas jangkauan dakwah

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina mengajak para mubalig di daerah itu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperluas jangkauan dakwah.

“Zaman digital dan kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan syiar dan dakwah. Era ini harus menjadi sarana guna memperluas jangkauan dakwah,” kata Wagub Marlin Agustina di Tanjungpinang, Kamis.

Ia menyebut dakwah digital sangat penting, apalagi dengan kondisi geografis Kepri yang 96 persen lautan. Daerah ini memiliki sekitar 2.408 pulau yang tersebar luas dan berbatasan dengan banyak negara.

Baca juga:
Polda Kepri terapkan TNBK warna hijau di FTZ Batam, Bintan, dan Karimun


Pemprov Kepri kembalikan 200 ribu dosis vaksin COVID-19 kadaluwarsa


Menurutnya para mubalig tentu memiliki strategi tersendiri dalam penyebaran syiar dakwah secara digital. Dia berharap pesan-pesan kebaikan dan berbagai materi dakwah pun bisa diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

"Termasuk bisa menangkal hoaks dan narasi-narasi yang dapat memecah belah,” kata Marlin.

Meski begitu, Marlin juga mengajak mubalig untuk berkeliling Kepri, singgah dari satu pulau ke pulau lainnya, juga berkunjung ke kabupaten/kota untuk berkoordinasi dan saling menguatkan.

“Tak hanya lewat udara, kita juga harus melalui akses laut. Memang kadang-kadang ekstrem, tapi itu bisa dilakukan sesuai kemampuan kita untuk bertemu masyarakat,” ucap Marlin.

Lebih lanjut Marlin juga mendorong keberadaan Badan Koordinasi Mubalig Indonesia (Bakomubin) di Kepri terus memberi kontribusi positif bagi daerah tersebut.
Juga menjadi bagian penting dalam mewujudkan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia.

"Bakomubin diharap turut menjaga kondusifitas dan memelihara moderasi beragama di Bumi Segantang Lada ini," demikian Marlin.

Baca juga:
Satgas imbau warga Natuna terapkan protokol kesehatan cegah penularan COVID-19

Satgas imbau warga Natuna terapkan protokol kesehatan cegah penularan COVID-19

Sementara itu, seorang mubalig di Kota Tanjungpinang Munirul Ikhwan mengaku telah menggunakan sarana sosial media untuk berdakwah, melalui siaran langsung di laman Facebook pribadinya Mhd Munirul Ikhwan dan Youtobe MMI Media Channel.

Ia menyebut metode dakwah secara digital bertujuan supaya syiar dan dakwah yang disampaikan lebih mudah sampai kepada umat.

"Dakwah secara digital juga bisa menyasar kaum milenial di era digital," ucap Ikhwan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE