Peragaan busana batik di Taipei tuai sambutan hangat media Taiwan

id Hari Batik,WNI Taiwan,PMI Taiwan,TKI Taiwan,peragaan batik

Peragaan busana batik di Taipei tuai sambutan hangat media Taiwan

Seorang warga negara Indonesia memeragakan busana khas Nusantara pada peringatan Hari Batik Nasional di Taipei, Taiwan, Minggu (2/10/2022). (ANTARA/CNA)

Beijing (ANTARA) - Peragaan busana batik oleh WNI di pusat Kota Taipei menuai sambutan hangat dari media di Taiwan melalui ulasan dalam laporannya.

Kostum batik yang penuh warna dan elegan dipamerkan di tengah Kota Taipei pada Ahad (2/10) saat masyarakat Indonesia di Taiwan merayakan Hari Batik Nasional, demikian dilaporkan CNA, Senin (3/10).

Kantor berita resmi Taiwan itu menyebutkan bahwa Hari Batik Nasional merupakan festival tahunan untuk menjunjung tinggi karya seni tradisional yang menggunakan teknik pewarnaan lilin dari Indonesia.

CNA melengkapi laporannya dengan menayangkan foto-foto peragaan busana oleh 35 orang, mayoritas dari kalangan pekerja migran Indonesia (PMI).

Para PMI itu mengenakan pakaian tradisional Nusantara dan pakaian dari kain batik yang menggunakan teknik pewarnaan alami.

Peragaan busana menjadi bagian dari The Batik & Ecoprint Festival 2022 yang diselenggarakan Indonesia Diaspora Network (IDN) Taiwan di Taman Nanmen Museum Nasional, Taipei.

Festival itu juga mempersembahkan acara budaya Nusantara, termasuk musik dan tari tradisional, penjualan jajanan khas Nusantara, dan teknik pembuatan batik.

Kartika mengatakan IDN menyelenggarakan festival tersebut dengan memperlihatkan teknik pembuatan batik yang berbeda setiap tahun.

Tahun ini, pihaknya mengetengahkan batik dengan teknik pewarnaan alami mengingat pentingnya membangun kesadaran akan lingkungan.







 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Peragaan busana batik WNI disorot media Taiwan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE