Kemenhub berhasil evakuasi kapal tanker MT Young Yong yang kandas di perairan Batam

id ksop,kemenhub,kapal tanker

Kemenhub berhasil evakuasi kapal tanker MT Young Yong yang kandas di perairan Batam

Proses evakuasi MT Young Yong dilaksanakan di bawah koordinasi KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dengan menerjunkan kapal patroli KNP. 366 di perairan Batam. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub melalui KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dan Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban berhasil mengevakuasi Tanker MT Young Yong yang kandas di Selat Singapura dekat Pulau Takong Kecil, Perairan Kota Batam Kepulauan Riau.

"Dari awal kita sudah langsung melaksanakan aksi cepat mengerahkan kapal patroli ke lokasi kejadian," kata Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Jon Kenedi, dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Kapal Patroli KPLP KN Sarotama P-112 melakukan pengawalan dan pengamanan alur terhadap MT Young Yong yang tengah ditowing sehingga dapat labuh jangkar dengan aman dan selamat di perairan Anchorage Area Pulau Nipah, Kepulauan Riau.

Proses evakuasi MT Young Yong dilaksanakan di bawah koordinasi KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun yang saat kejadian menerjunkan kapal patroli KNP 366 ke lokasi.

Pihaknya melakukan proses pemindahan muatan kapal tanker MT Young Yong dengan segera guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk mencegah pencemaran lingkungan laut.

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Mulyadi mengatakan pihaknya menurunkan Kapal Patroli KN Sarotama P-112 dan KN.Rantos P-210, satu Tim Rescue beserta alat penanggulangan pencemaran.

Mulyadi mengungkapkan proses evakuasi dilakukan ekstra hati-hati mengingat lokasi kejadian kandasnya kapal tersebut berada di jalur yang sangat rentan yaitu jalur pipa Singapura.

Kapal tanker MT Young Yong kandas pada Kamis (27/10) sekitar pukul 20.18 WIB. Kapal itu mengalami kandas di Utara Pulau Takong Kecil di koordinat 1' 07.670 N / 103" 42.940 E.

Kapal itu bertolak dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia tanggal 18 Oktober 2022 lalu, kapal itu berlayar dengan tujuan Pulau Nipa, Karimun, Kepri namun belum sampai tujuan kapal tersebut kandas.

Lokasi kapal kandas berada di atas jalur pipa gas Indonesia ke Singapura. Kapal tanker itu memiliki ukuran panjang 320.28 meter dan lebar 58.00 meter dan diketahui tengah bermuatan fuel oil sebanyak 284.429 ton, sehingga proses evakuasi dilakukan KSOP dengan hati-hati.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub berhasil evakuasi kapal tanker kandas di perairan Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE