KPU Batam butuh 3.464 pantarlih pada Pemilu 2024

id Kepri,batam ,KPU,pantarlih

KPU Batam butuh 3.464 pantarlih pada Pemilu 2024

Anggota KPU Kota Batam Sastra Tamami (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, membutuhkan sebanyak 3.464 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 di daerah ini.

Anggota KPU Kota Batam Sastra Tamami saat dihubungi di Batam, Jumat, mengatakan jumlah pantarlih yang dibutuhkan tersebut sesuai dengan jumlah TPS reguler yang tersebar di 64 kelurahan.

"Anggota pantarlih sama dengan jumlah TPS yang ada, yaitu 3.464 petugas," kata Sastra.

Ia mengatakan anggota pantarlih akan melakukan tugas pendataan pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) di daerah masing-masing mulai 12 Februari hingga 12 Maret 2023.

Baca juga:
KPU Batam perkirakan jumlahTPS Pemilu 2024 sebanyak 3.464

Polda Kepri terapkan program pembinaan tertib lalu lintas WNA

Selain itu, katanya, mereka akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk kemudian diserahkan kepada panitia pemungutan suara (PPS)  Bagi warga yang sudah didata akan mendapatkan bukti terdaftar sebagai calon pemilih.

Dalam proses rekrutmen pantarlih yang dilakukan anggota PPS, kata Sastra, penyelenggara menggelar secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian para calon pantarlih.

"PPS yang akan melakukan rekrutmen pantarlih setelah dilantik pada tanggal 24 Januari, mereka langsung turun ke lapangan untuk memulai tugas dan merekrut pantarlih," ujar dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengestimasikan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.464 lokasi pada pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah ini.

Baca juga:
Kemenkumham: Ada indikasi dugaan penyelundupan PMI dari Batam ke Malaysia

Badan kehormatan beri sanksi kepada anggota DPRD Batam tersangkut narkoba

"Jumlah TPS yang kita petakan saat ini sebanyak 3.464 TPS untuk Pemilu 2024," kata anggota KPU Kota Batam Sastra Tamami saat dihubungi di Batam, Jumat.

Estimasi jumlah TPS sebanyak itu, katanya. mengalami kenaikan signifikan dibanding dengan jumlah TPS yang disiapkan pada Pemilu 2019 di Kota Batam sebanyak 2.944 lokasi.

"Kalau tidak salah sekitar kurang lebih 520 TPS kenaikannya jika dibanding dengan Pemilu 2019," ujar Sastra.

Baca juga:
Ketua DPRD Batam Nuryanto minta ADY ikuti proses hukum

Amsakar sesalkan kader Partai Nasdem tersandung narkoba 

BP Batam pastikan air baku cukup untuk penuhi kebutuhan masyarakat

Polisi tangkap anggota DPRD Batam terkait narkoba

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE