Lolly Suhenty mengharapkan Bawaslu tak berjarak dengan parpol

id Lolly Suhenty,Bawaslu,Pemilu 2024,Partai politik

Lolly Suhenty mengharapkan Bawaslu tak berjarak dengan parpol

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty di sela acara “Bincang-Bincang Bawaslu dengan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024” di Jakarta, Sabtu (18/3/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty berharap tidak ada jarak antara lembaganya dengan partai politik peserta Pemilu 2024.

Lolly menyebut tidak hanya Bawaslu RI, namun juga Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota.

"Bawaslu hari ini dalam konteks menggandeng partai politik supaya bisa memberikan pendidikan demokrasi terbaik buat publik. Bawaslu dengan partai politik hari ini kami harapkan tidak berjarak," kata Lolly di sela acara "Bincang-Bincang Bawaslu dengan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024" di Jakarta, Sabtu.

Lolly pun mempersilakan parpol peserta pemilu untuk bertemu dan berkomunikasi ringan dengan lembaganya dalam upaya membangun kedekatan, seperti "ngopi" bersama.

"Ngopi boleh, ngopilah ke kantor Bawaslu (di) Thamrin terbuka 24 jam untuk seluruh partai politik. Kantor Bawaslu provinsi, kabupaten/kota terbuka 24 jam untuk partai politik kalau mau ngopi," tuturnya.

Namun, lanjut dia, Bawaslu tetap memperhatikan sejumlah batasan agar kedekatan antara Bawaslu dan parpol tersebut tidak menimbulkan fitnah.

"Agar tidak menimbulkan fitnah jangan dilakukan di ruang gelap, tidak boleh di ruang tertutup, tidak boleh kemudian di ruang yang memungkinkan orang berasumsi buruk," imbuhnya.

Lolly juga menyebut batasan lain dalam menjalin kedekatan dengan parpol ialah tidak diskriminatif kepada parpol tertentu saja. Kedekatan yang dijalin harus sama rata dengan semua parpol peserta pemilu.

Dia menyebut Bawaslu menempatkan parpol sebagai mitra strategis sehingga perlu menjalin kedekatan agar memudahkan lembaganya dalam mencegah terjadinya pelanggaran oleh partai politik peserta pemilu.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lolly Suhenty harap Bawaslu tak berjarak dengan parpol

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE