Gunung Anak Krakatau erupsi, berstatus Siaga

id Lampung,erupsi ,gunung anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau erupsi, berstatus Siaga

Gunung Anak Krakatau dari Desa Banding, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Sabtu siang hingga malam tercatat mengalami erupsi sebanyak tiga kali. Kini, gunung itu berstatus Siaga.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi pada Sabtu, pukul 14.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter di atas puncak dan dari permukaan laut kurang lebih 657 meter kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, condong ke barat daya.

Erupsi Gunung Anak Krakatau selanjutnya terjadi pukul 18.46 WIB dengan kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 53 detik, sedangkan kolam abu teramati hingga kurang lebih 300 meter.

Gunung Anak Krakatau erupsi yang ketiga pada pukul 21.43 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati, sedangkan amplitudo maksimum 46 mm.

PVMBG menyarankan masyarakat, pengunjung, wisatawan, maupun pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif gunung api tersebut, yang statusnya Siaga (Level III).

"Kondisi Gunung Anak Krakatau sejak 2022 hingga kini masih ditetapkan status siaga level III dan dilarang mendekatinya, "kata Ade Yaser Akhmad Purwata, petugas penyusunan pelaporan yang diunggah melalui laman KESDM Badan Vulkanologi PVMBG Pos Pengamatan Pasauran Gunung Anak Krakatau (GAK), Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu.
 
PVMBG memberikan rekomendasi lima kilometer dari puncak kawah Gunung Anak Krakatau.
 
Nelayan, masyarakat, wisatawan dan pendaki dilarang mendekati puncak kawah Gunung Anak Krakatau di atas permukaan laut (mdpl).
 
Saat ini, kegiatan masyarakat pesisir pantai barat Banten mulai kawasan Anyer sampai Carita dan Labuhan relatif normal dan tidak terpengaruh adanya aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hari ini, Gunung Anak Krakatau erupsi tiga kali

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE