Kemenhub kerahkan kapal patroli KPLP evakuasi KMP Merak - Bakauheni yang terbakar

id kplp,kemenhub,ditjen perhubungan laut,rivaldo

Kemenhub kerahkan kapal patroli KPLP evakuasi KMP Merak - Bakauheni yang terbakar

kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) milik Kemenhub (kanan) mengevakuasi penumpang KMP Royce yang terbakar di perairan Banten, Sabtu (6/5/2023). ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub

Jakarta (ANTARA) - Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengerahkan kapal patroli KPLP KNP 333 dan KNP 530 untuk mengevakuasi penumpang dan penyelamatan KMP Royce rute Merak - Bakauheni yang terbakar di perairan Banten, Merak, Sabtu (6/5/2023).

"Kita kerahkan Kapal Patroli KPLP KNP 333 dan KN 530 membantu proses evakuasi penumpang dan SAR yang ada di atas kapal dan yang sudah berada di dalam sekoci penyelamat," ujar Direktur KPLP Kementerian Perhubungan Rivolindo dalam keterangan di Jakarta, Ahad.

Rivolindo mengatakan, sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha memerintahkan untuk segera mengerahkan Kapal Patroli KPLP Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok KNP 206 ke lokasi terbakarnya kapal untuk mengamankan kapal tersebut.

KNP 206 saat ini masih berada di lokasi kapal terbakar, bersama kapal dari Basarnas sedang mengamankan kapal yang terbakar tersebut.

Sementara kru kapal patroli KPLP lainnya seperti KNP 201, KNP 204 dan KNP 205 yang berada di Bojonegara, Banten, melaksanakan bantuan evakuasi di dermaga bersama tim terpadu lainnya seperti KSOP, TNI/Polri, Basarnas, Pelindo, dan tim kesehatan pemda setempat," kata Rivolindo.

"Apresiasi saya sampaikan kepada petugas VTS dan KPLP yang bertugas yang telah bekerja dengan sigap dan baik dan juga berkat koordinasi yang baik dengan tim evakuasi lainnya sehingga proses evakuasi dapat berjalan baik," kata Rivolindo.

Sebelumnya,  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengonfirmasi bahwa kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP)  Royce 1 milik PT DLB, Sabtu, sekitar pukul 15.45 WIB saat berlayar dari Merak, Banten, menuju Bakauheni, Lampung, berhasil dipadamkan tim gabungan.
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis di Merak, Sabtu, mengatakan sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, kapal mengalami kebakaran.
 
Namun saat ini, katanya, api dapat dipadamkan dengan melibatkan tim gabungan, termasuk Basarnas Banten.
 
Rencananya KMP Royce1 akan disandarkan dan dievakuasi di Pelabuhan Merak.
 
Tim BPBD,  ASDP,  Basarnas, dan instansi terkait telah berkoordinasi untuk segera mengkondisikan agar kapal bersandar di Merak dan dapat  mengevakuasi seluruh pengguna jasa.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub kerahkan kapal patroli KPLP evakuasi KMP terbakar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE