300 kades lolos seleksi Paralegal Justice Award 2023

id BPHN,Kemenkumham,kepala desa,Paralegal Justice Award

300 kades lolos seleksi Paralegal Justice Award 2023

Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Widodo Ekatjahjana. (ANTARA/HO-Humas Badan Pembinaan Hukum Nasional)

Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 300 kepala desa (kades) dan lurah dari berbagai provinsi di Indonesia berhasil lolos seleksi audisi Paralegal Justice Award 2023.
 
Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Widodo Ekatjahjana dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis, menjelaskan dari total 765 orang yang mendaftar, sebanyak 565 peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka kemudian disaring kembali di tahap seleksi audisi.
 
“Dari 565 peserta yang lulus seleksi administrasi tadi, akhirnya diumumkan sebanyak 300 peserta yang berhasil melewati tahap seleksi audisi. Hasil pengumuman seleksinya dapat dilihat di situs bphn.go.id,” kata Widodo.
 
Peserta yang berhasil lolos seleksi audisi tersebut, kata Widodo, terdiri atas 207 kepala desa dan 93 lurah yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
Dalam seleksi audisi, peserta dinilai berdasarkan sejumlah indikator penilaian, seperti pengalaman dalam penyelesaian sengketa di desa/kelurahan, upaya kelayakan investasi, peningkatan sektor pariwisata, dan pembukaan lapangan kerja.
 
Mereka selanjutnya berhak mengikuti Paralegal Academy, yakni sebuah program pelatihan yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Paralegal Justice Award 2023.
 
"Paralegal Academy adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam penyelesaian sengketa dan advokasi," jata Widodo.
 
Kemudian , peserta akan mendapatkan pembekalan dari ahli dan praktisi hukum mengenai penyelesaian sengketa dan advokasi.
 
"Tak hanya itu, peserta juga akan diajarkan teknik dan strategi dalam penyelesaian sengketa serta memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila," kata Widodo.
 
Setelah mengikuti seleksi audisi, tahapan selanjutnya adalah penilaian seleksi eliminasi terhadap peserta yang telah mengikuti Paralegal Academy.

“Paralegal Academy akan dilaksanakan tanggal 29-31 Mei 2023. Kemudian penyerahan Paralegal Justice Award 2023 berlangsung pada 1 Juni 2023, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila," kata Widodo.
 
 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 300 kades dan lurah lolos seleksi audisi Paralegal Justice Award 2023

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE